In-depth

5 Orang Super Kaya yang Bisa Jadi Calon Pembeli Juventus, Ada Sheikh Jassim!

Selasa, 12 September 2023 17:06 WIB
Editor: Juni Adi
© juventus
Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic usai mencetak gol ke gawang Bologna menit ke 80' pada laga Liga Italia di Stadion Allianz (Torino). (Foto: juventus) Copyright: © juventus
Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic usai mencetak gol ke gawang Bologna menit ke 80' pada laga Liga Italia di Stadion Allianz (Torino). (Foto: juventus)

INDOSPORT.COM - Klub Ligas Italia (Serie A), Juventus dirumorkan bakal dijual setelah klub kerap diterpa masalah. Beberapa nama orang kaya ini pun berpotensi jadi calon pembelinya.

Kabar mengejutkan datang dari salah satu klub papan atas Italia, Juventus. Tim berjuluk Bianconeri itu dikabarkan bakal dijual dalam kurun waktu beberapa bulan lagi.

Laporan media asal Italia, Il Giornale, jadi yang pertama menginformasikan rencana keluarga Agnelli menjual Juventus. Alasannya karena terlilit masalah finansial mulai dari kerugian hingga urusan utang.

Dalam laporan yang sama, Juventus disebut menelan kerugian sebesar 240 juta euro, dan gagal mencapai target pemasukan dalam satu tahun terakhir yang seharusnya bisa mencapai 600 juta euro.

Itu belum ditambah dengan utang-utang Juventus yang kabarnya lebih tinggi daripada valuasi klub sekarang yang berada di angka 800 juta Euro.

Oleh karena itu, rencana penjualan oleh keluarga Agnelli memang masuk akal. Mereka ingin menjual Juventus di angka 1,5 miliar euro.

Padahal keluarga Agnelli sendiri telah lama menjadi pemilik Juventus. Diketahui turun-temurun mereka jadi bos Juventus sejak 1923. Artinya jika jadi terjual maka dinasti Agenelli segera runtuh.

Krisis keuangan Juventus sebenarnya bukan hal mengejutkan. Apalagi saat ada temuan bahwa Juventus melakukan rekayasa gaji pemain selama era pandemi.

Mantan presiden Juventus yang juga bagian dari keluarga Agnelli, Andrea Agnelli sampai harus dihukum larangan beraktivitas selama 10 bulan di sepak bola dan denda 60 ribu Euro.

Skandal tersebut pula yang membuat Juventus mengalami pengurangan 10 poin dari total poin yang diperoleh di Liga Italia musim lalu, sehingga mereka gagal finis di zona Eropa.

Tidak ayal, kabar mengejutkan ini bisa jadi angin segar bagi sejumlah miliarder maupun konglomerat, atau pengusaha kaya raya yang ingin menggenggam Juventus dalam tangan mereka. Siapa saja yang bisa jadi calon pembeli?