In-depth

Profil Korea Selatan, Calon Juara Sepak Bola Putra Asian Games 3 Kali Beruntun

Rabu, 13 September 2023 21:17 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PressFocus/MB Media/Getty Images
Lee Kang-in, salah satu pemain Korea Selatan U-24 yang diprediksi bakal jadi bintang di Asian Games 2024. Copyright: © PressFocus/MB Media/Getty Images
Lee Kang-in, salah satu pemain Korea Selatan U-24 yang diprediksi bakal jadi bintang di Asian Games 2024.

INDOSPORT.COM - Timnas Korea Selatan U-24 nampaknya jadi kontestan yang bakal difavoritkan di cabor sepak bola putra Asian Games 2022 (2023).

Gelaran Asian Games 2022 sudah di depan mata. Setelah sempat tertunda pelaksanaannya tahun lalu akibat Covid-19, ajang multi-event empat tahunan itu akan segera digelar di Hangzhou bulan ini.

Sepak bola putra, tentu menjadi salah satu cabor yang paling diminati publik Asia. Benua Kuning pun memiliki sejumlah tim yang hebat yang permainannya menarik untuk ditonton.

Asia memiliki Timnas Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak, Thailand, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Di Asian Games edisi kali ini, Korea Selatan berpeluang besar menjadi juara karena masih diperkuat banyak pemain jempolan.

Selain itu, status juara di dua edisi sebelumnya juga menambah mentereng reputasi skuad Korea Selatan di Asian Games 2022.

Profil Timnas Korea Selatan

Berada di bawah naungan Korea Football Association (KFA), Taeguk Warriors menjelma sebagai salah satu kekuatan sepak bola Asia pada era 1980-an.

Bersama Timnas Indonesia yang dulu masih bertanding dengan nama Dutch East Indies, Korea Selatan merupakan negara Asia kedua yang tampil di Piala Dunia.

Lalu untuk level Asian Games, Timnas Korea Selatan sudah pernah meraih tiga medali emas dan satu peruggu sebelum mengirim skuad U-23 mereka pada 2002 dan seterusnya.

Timnas Korea Selatan U-23 sendiri mencatatkan sejumlah penampilan yang impresif tidak hanya di Asian Games, tetapi juga di kompetisi-kompetisi lainnya.

Mereka pernah juara Piala Asia U-23 pada 2020 dan menjadi runner-up pada 2016, kemudian meraih medali perunggu Olimpiade 2012 di London.

Bahkan, skuad yang bermain di Olimpiade 2012 sempat mencuri atensi yang luar biasa dari kalangan suporter dan publik sepak bola Asia.

Pasalnya, mereka berhasil memecahkan rekor sebagai skuad pertama sepanjang sejarah yang sukses meraih medali di Olimpiade.

Timnas Korea Selatan U-23 menekuk Jepang 2-0 di laga perebutan tempat ketiga. Masing-masing gol kala itu dicetak oleh Park Chu-young dan Koo Ja-cheol.