Timnas Indonesia

Indra Sjafri Bongkar Alasan Panggil Pemain yang Pernah Dicoret Shin Tae-yong

Jumat, 15 September 2023 14:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri telah mengumumkan 22 pemain yang dibawa ke Asian Games 2022. Ada satu pemain yang menarik perhatian karena pernah diblacklist Shin Tae-yong. 

Pemain yang dimaksud adalah Ramai Rumakiek. Dia sudah lama tidak bermain untuk Timnas level manapun sejak 2021 lalu. 

Ramai awalnya merupakan andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baik di level U-20, U-23 hingga senior. Tapi, kemudian ia di-blacklist karena mangkir dari panggilan ke SEA Games 2021.

Pemain asal Papua ini kemudian dapat kesempatan kedua, setelah Indra Sjafri memanggilnya ke Asian Games 2022. Pelatih 60 tahun itu punya alasan kuat mempercayai Ramai Rumakiek. 

"Kami ingin Timnas kedalaman pemainnya betul-betul punya. Oleh sebab itu, ada muka-muka baru juga yang kita panggil," kata Indra Sjafri.

"Lalu ada pemain-pemain yang sebelumnya memang sudah kita panggil tapi tenggelam lagi namanya, nah sekarang kita berikan kesempatan untuk diberikan tanggung jawab menjadi pemain yang ikut di skuad Asian Games," imbuhnya. 

Selain Rumakiek, pemain baru yang dipanggil ke Timnas U-24 adalah George Brown, Hugo Samir hingga Kadek Arel. 

Dari 22 nama tersebut, hanya ada satu pemain senior yang dibawa yakni Andy Setyo. Padahal Indra Sjafri sempat menginginkan Marc Klok dan Jordi Amat, tapi tak dapat izin klub.  

Timnas U-24 akan berangkat Sabtu (16/09/23) pukul 00:30 WIB. Baru 15 pemain yang akan dibawa ke China dan tujuh lainnya akan menyusul karena masih membela klub di Liga 1. 

"Skuad Timnas Asian Games per hari kemarin kita sudah umumkan ada 22 pemain. Yang ada hari ini terdiri dari satu pemain senior, 10 eks SEA Games, dua pemain eks World Cup U-20 yang gak jadi dan ada dua pemain yang untuk next U-20 kelahiran 2005 yang akan kita bawa ke Asian Games," jelas Indra Sjafri. 

"Kami nanti akan berangkat malam pukul 00.30 dan pemain yang bermain tanggal 16 September akan berangkat di tanggal 17 dini hari. Kalau Egy yang bermain malam hari ini akan bergabung ke bandara untuk berangkat bersama," tambahnya.