Bola Internasional

Sejarah! Wasit Wanita Asal Jepang Bakal Pimpin Piala Asia 2023

Jumat, 15 September 2023 14:49 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Sejarah tercipta di ajang Piala Asia 2023, di mana Yoshimi Yamashita akan menjadi wasit pertama yang dipilih AFC memimpin laga sepak bola pria. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Sejarah tercipta di ajang Piala Asia 2023, di mana Yoshimi Yamashita akan menjadi wasit pertama yang dipilih AFC memimpin laga sepak bola pria. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Sejarah tercipta di ajang Piala Asia 2023, di mana Yoshimi Yamashita akan menjadi wasit pertama yang dipilih AFC memimpin laga sepak bola pria.

Turnamen sepak bola Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Negara kaya raya asal Timur Tengah, Qatar, akan menjadi tuan rumah.

Sejarah tercipta pada Piala Asia kali ini, di mana Yoshimi Yamashita tepilih oleh AFC menjadi salah satu wasit yang akan memimpin pertandingan.

Ini merupakan kali pertama AFC sebagai penyelenggara memilih sosok wasit perempuan untuk memimpin pertandingan sepak bola pria sepanjang sejarah.

Sebelumnya, Yoshimi Yamashita juga sudah pernah bertugas di Piala Dunia Qatar 2022. Hanya saja, kala itu, ia menjadi ofisial keempat dalam enam pertandingan di fase grup.

Dilansir dari Washington Post, Yoshimi Yamashita bukan satu-satunya pengadil perempuan yang terpilih untuk bertugas di Piala Asia 2023. AFC juga memilih sosok wasit wanita Australia, Katherine Jacewicz.

Selain itu, tiga wanita juga terpilih menjadi asisten wasit, yakni Makoto Bozono, Naomi Teshirogi, dan Kim Kyoung-min. Dengan demikian, akan ada lima wasit dan asisten wasit wanita yang akan bertugas di Piala Asia 2023.

Sebelum bertugas di Piala Asia 2023, Yoshimi Yamashita juga pernah mencetak sejarah saat memimpin laga Yokohama Marinos vs Nagoya Grampus di ajang J-League. 

Laga tersebut menjadi tonggak sejarah karena untuk pertama kalinya, laga J-League dipimpin oleh wasit dan ofisial yang semuanya wanita.

Dengan demikian, Timnas Indonesia bisa menjadi bagian dari sejarah ini, mengingat skuat besutan Shin Tae-yong juga akan berlaga di Piala Asia 2023.