Timnas Indonesia

Alasan Indra Sjafri Ngotot Bawa Beckham Putra ke Asian Games 2022 Meski Cedera

Sabtu, 16 September 2023 16:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha, usai latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (12/06/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha, usai latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (12/06/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, tetap bersikukuh membawa Beckham Putra ke Asian Games 2022, meski sang pemain tengah cedera. Ada alasan kuat di balik keputusan itu.

Sebagai informasi, Beckham dilaporkan tengah mengalami cedera paha dan dalam tahap pemulihan. Klub pemilik, Persib Bandung telah menginformasikan bahwa gelandang berusia 21 tahun itu butuh waktu istirahat.

Akan tetapi, Beckham tetap masuk skuat Asian Games 2022 dan dibawa serta ke China. Pelatih Indra Sjafri beralasan, total 22 pemain yang sudah didaftarkan tidak bisa diganti pemain lain. 

Indra Sjafri mengatakan, semua itu adalah aturan dari Panpel Asian Games 2022 dan memaksanya tetap memboyong Beckham Putra.

“Kesulitan kami, saya sebagai pelatih, entry by name itu tidak bisa lagi (diganti) pemain yang sudah didaftarkan di awal dulu, tiga bulan yang lalu. Masalah pelatih multicabor adalah pendaftaran pemain itu sudah diminta dari jauh-jauh hari,” kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri menjelaskan, PSSI sudah mengajukan ke AFC untuk daftarkan (sementara) lebih dari 30 nama dan disetujui 43 nama. Tapi, untuk pendaftaran finalnya hanya boleh 22 pemain. 

Yang kemudian jadi masalah baru adalah jika ada pemain yang federa dari 22 nama yang masuk list final, tidak bisa digantikan pemain lain (dari 43 nama sementara).  

“Dari 43 pemain itu diwajibkan memberikan 22 nama dari sebulan lalu. Pemain tersebut sudah saya daftarkan dan tidak boleh diganti lagi,” ujar Indra Sjafri.

Situasi itu membuat Indra Sjafri tetap menyertakan nama Beckham Putra, sambil berharap bisa pulih lebih cepat. Pelatih berusia 60 tahun itu menegaskan tidak akan memainkannya jika masih mengalami sakit. 

Bagi Indra Sjafri, itulah tantangan seorang pelatih ketika menangani tim dalam hajatan multicabor. Bahkan menurutnya, Olimpiade hanya menyertakan 18 pemain.

“Jadi, dengan segala risiko, saya berharap kalau memang Beckham masih cedera, ya harus tunggu dia pulih. Saya sebagai pelatih tidak mungkin memainkan pemain yang cedera. Kita umumkan, Beckham tetap masuk,” tuturnya.