In-depth

Bedah Formasi Liverpool Jika Datangkan Kylian Mbappe Pasca Depak Mohamed Salah, Tumbal Sepadan?

Sabtu, 16 September 2023 07:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Gonzalo Fuentes
Liverpool dikabarkan ingin mendatangkan Kylian Mbappe bila Mohamed Salah semakin sulit untuk dipertahankan pada bursa transfer musim panas 2024 mendatang. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes) Copyright: © REUTERS/Gonzalo Fuentes
Liverpool dikabarkan ingin mendatangkan Kylian Mbappe bila Mohamed Salah semakin sulit untuk dipertahankan pada bursa transfer musim panas 2024 mendatang. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

INDOSPORT.COM - Liverpool dikabarkan ingin mendatangkan Kylian Mbappe bila Mohamed Salah semakin sulit untuk dipertahankan pada bursa transfer musim panas 2024 mendatang.

Meski saat ini masih berkostum The Reds dan hingga detik ini masih berlari kencang menghantui rival Liga Inggris namun sang winger Mesir masih terus diterpa isu yang menghubungkannya ke Liga Arab Saudi.

Dilaporkan Al Ittihad masih bersikeras untuk mengejar Salah dengan tawaran senilai 200 juta Pounds siap mereka berikan pada Liverpool.

Memang benar jika Salah adalah pemain paling penting Liverpool di dekade ini dengan sumbangsih 188 gol plus 81 assist dalam 309 penampilan namun usianya sudah 31 tahun.

Era puncak eks Chelsea dan AS Roma itu mungkin sudah mendekati ujungnya dan jika Liverpool bisa mendapatkan 200 juta Pounds yang jika dikonversi menjadi Rupiah menjadi nyaris 4 triliun, maka ini akan jadi bisnis paling menguntungkan di sejarah bursa transfer.

Dengan uang itu mereka bisa mendatangkan pengganti kelas dunia. Mbappe misalnya.

Saat ini ramai dikabarkan jika Liverpool punya sejumlah opsi lain seperti Bukayo Saka atau Takefusa Kubo untuk menggantikan Mohamed Salah namun Kylian Mbappe ada di level yang berbeda.

Produktivitas sayap 24 tahun Prancis itu jauh melebihi Salah dengan 217 gol dan 98 assist untuk Paris Saint-Germain (PSG).

Boleh saja anda beropini jika PSG hanya bermain di Liga Prancis yang tidak sekompetitif Liga Inggris namun nyatanya Mbappe juga tetap tajam di level tertinggi.

Liga Champions contohnya. Meski belum pernah juara namun jebolan akademi AS Bondy dan AS Monaco itu punya 40 gol dan 26 assist dari 62 penampilan.

Rasio GA miliknya sudah melebihi 1/90 menit. Apa lagi yang kurang dari seorang Mbappe yang juga bisa menjadi magnet komersil berkat status megabintang-nya?.

Ditambah lagi kapten timnas Prancis ini di PSG akan berakhir Juni tahun depan yang artinya Liverpool bisa mendapatkan servisnya secara cuma-cuma.

Dana penjualan Salah bisa dialokasikan untuk membayar hal-hal lain seperti akomodasi atau agent fee dari transfer Mbappe yang pastinya tidak murah.

Mbappe juga akan sangat cocok untuk menjadi tumpuan baru skuad Liverpool yang saat ini tengah melakukan regenerasi.

Dengannya, skuad yang musim lalu dianggap sudah usang akan terlihat jauh lebih mematikan. Seperti apa gambarannya? Berikut ulasan dari INDOSPORT.