In-depth

Statistik Unik Dominik Szoboszlai yang Buat Liverpool Lupakan Jordan Henderson

Senin, 18 September 2023 12:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Jason Cairnduff
Dominik Szoboszlai bisa bikin Liverpool lupakan Jordan Henderson. Foto: Reuters/Jason Cairnduff. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Dominik Szoboszlai bisa bikin Liverpool lupakan Jordan Henderson. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Dominik Szoboszlai nampaknya bisa membuat klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, melupakan Jordan Henderson.

Jordan Henderson, angkat kaki ke Al Ettifaq mengikuti mantan captain fantastic, Steven Gerrard, yang saat ini menangani klub Liga Arab Saudi tersebut.

Kehilangan Jordan Henderson sekaligus Fabinho dalam sekali waktu, sempat membuat Jurgen Klopp kelimpungan mengisi stok pemain gelandangnya.

Terlebih lagi, sebelum itu Liverpool sudah ditinggal terlebih dahulu oleh trio Alex Oxlade-Chamberlain, James Milner, dan Naby Keita.

Kemudian, Liverpool pun mendatangkan empat amunisi baru musim ini termasuk Dominik Szoboszlai yang datang dari klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig.

Tidak butuh waktu lama bagi gelandang Hungaria ini untuk beradaptasi dengan klub dan rekan-rekan barunya di Liverpool.

Bukan hanya itu. Ia juga membawa dampak yang lumayan instan di lapangan, sekaligus sukses meraih hati publik Anfield.

Ia juga menjadi pewaris nomor punggung 8 milik Steven Gerrard yang telah diidam-idamkan selama ini.

Bahkan, bukan tidak mungkin kehadirannya dalam beberapa waktu ke depan akan membuat banyak orang makin melupakan sosok Jordan Henderson.

Dominik Szoboszlai merupakan pemain yang mampu menciptakan transisi mulus dalam permainan The Reds di lapangan.

Tidak sedikit pula yang menganggap gelandang berusia 25 tahun ini sebagai versi upgrade-nya Jordan Henderson di sisi kanan lapangan tengah Liverpool.

Selain itu, secara statistik dan dibandingkan dengan Jordan Henderson, ia juga mencatatkan angka awal musim yang cukup menarik.

Dominik Szoboszlai selalu dimainkan Jurgen Klopp di lima pertandingan perdana Liverpool di Liga Inggris 2023/2024, sebagai starter dan penuh selama 90 menit.

Dari lima penampilan tersebut, menurut catatan This Is Anfield, ia telah melakukan 50 duel - jumlah yang 30 lebih banyak dari Jordan Henderson di lima laga perdananya musim lalu.

Duel yang dimaksud di sini termasuk tackle, drible, serta aerial challenge menghadapi pemain dari tim lawan.

Dari 50 aksi tersebut, Dominik Szoboszlai memenangkan 24 di antaranya, dengan persentase sebesar 48%.

Di sisi lain, Jordan Henderson memenangkan 11 dari 20 duel. Meski jumlahnya lebih sedikit, pemain asal Inggris tersebut unggul secara success rate dengan 55%.