Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Imbas Dicoret Persija, Osvaldo Haay Gabung Barito Putera?

Selasa, 19 September 2023 18:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Winger Persija Jakarta, Osvaldo Haay dibayangi Dendi Santoso di Liga 1 2021/2022. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Winger Persija Jakarta, Osvaldo Haay dibayangi Dendi Santoso di Liga 1 2021/2022.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 kembali bergejolak ketika Osvaldo Haay kabarnya sudah mendapatkan klub, eks Persija Jakarta itu dirumorkan ke Barito Putera.

Menyebut nama Osvaldo Haay, tentu teringat akan salah satu pemain muda yang bersinar bersama Timnas Indonesia. Osvaldo pernah membawa Timnas juara Piala AFF U-22 2019.

Sebelumnya, pemain jebolan Persipura Jayapura itu juga sempat tergabung dalam skuat Timnas Indonesia U-23 yang meraih medali perak di SEA Games 2019.

Bahkan, Osvaldo Haay tidak sekadar pemain pelengkap saja. Kala itu ia menjadi top skorer pada SEA Games 2019 dengan torehan 8 gol.

Di level klub, Osvaldo pernah membawa Persipura Jayapura menjuarai Indonesian Soccer Championship A 2016, di usia yang baru menginjak 18 tahun.

Pada tahun 2018, Osvaldo Haay memutuskan untuk meninggalkan zona nyaman di kampung halaman dan membela Persebaya Surabaya.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah meraih gelar sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2018, kemudian membawa Persebaya ke final Piala Presiden 2019.

Osvaldo Haay semakin bersinar hingga akhirnya ia direkrut oleh Persija Jakarta di musim 2020. Ia langsung membawa Macan Kemayoran menjuarai Piala Menpora 2021.

Namun, Persija Jakarta akhirnya melepas Osvaldo Haay di penghujung musim Liga 1 2022/2023. Sampai saat ini atlet kelahiran 1 Mei 1998 itu masih belum memiliki klub baru.

Namun, nama Osvaldo belakangan mencuat lantaran ia kedapatan mengikuti akun media sosial Barito Putera. Banyak netizen yang cocoklogi jika Osvaldo akan merapat ke Kalimantan.

Alasan Osvaldo Haay Dirumorkan ke Barito Putera

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini sudah bergulir. Tapi cukup mengherankan kenapa pemain muda sekelas Osvaldo Haay belum mendapat klub.

Osvaldo Haay memang sempat membuat kontroversi saat dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk persiapan Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021.

Namun, Osvaldo Haay tidak memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Shin Tae-yong mendapat kabar jika pemain Persija Jakarta itu sedang sakit, tapi tidak menghubunginya langsung.

Osvaldo akhirnya tak pernah lagi dipanggil ke Timnas Indonesia. Celakanya, ia juga sempat mengalami cedera bersama Persija Jakarta.

Osvaldo Haay menepi selama enam bulan lantaran mengalami cedera tulang kering. Ia kembali masuk skuat Thomas Doll di putaran kedua Liga 1 2022/2023 lalu.

Hanya saja, Osvaldo lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ia hanya satu kali masuk dalam starting line up, dan berkontribusi mencetak satu gol untuk Persija Jakarta.

Capaian itu belum cukup untuk membujuk Thomas Doll, sampai akhirnya ia dicoret di akhir musim. Sampai saat ini Osvaldo Haay belum mendapatkan klub baru.

Tetapi jika melihat media sosial Osvaldo, ia terpantau mengikuti akun Instagram Barito Putera, walaupun ia belum pernah bermain untuk klub asal Kalimantan tersebut.

Maka dari itu, mulai banyak cocoklogi jika Osvaldo Haay akan merapat ke kubu Barito Putera di paruh musim Liga 1 2023/2024 nanti, untuk menambah ketajaman lini depan Laskar Antasari.

© Instagram @valdo_haay
Osvaldo Haay mengikuti akun Instagram Barito Putera (Sumber: IG @valdo_haay) Copyright: Instagram @valdo_haayOsvaldo Haay mengikuti akun Instagram Barito Putera (Sumber: IG @valdo_haay)