In-depth

Bikin 'Apotek Tutup' di Spanyol, Alasan Kenapa Liverpool Harus Gaet Takefuso Kubo Gantikan Mo Salah

Senin, 18 September 2023 18:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Vincent West
Takefusa Kubo masuk dalam radar Liverpool yang tengah mencari sosok pengganti Mohamed Salah pasca sang winger Mesir terus diisukan bakal ke Arab Saudi. (Foto: REUTERS/Vincent West) Copyright: © REUTERS/Vincent West
Takefusa Kubo masuk dalam radar Liverpool yang tengah mencari sosok pengganti Mohamed Salah pasca sang winger Mesir terus diisukan bakal ke Arab Saudi. (Foto: REUTERS/Vincent West)

INDOSPORT.COM - Takefusa Kubo masuk dalam radar Liverpool yang tengah mencari sosok pengganti Mohamed Salah pasca sang winger Mesir terus diisukan bakal ke Arab Saudi.

Penampilan apik talenta 22 tahun asal Jepang itu kala menghadapi Real Madrid bersama Real Sociedad pada Senin (18/09/23) dini hari WIB semakin menunjukkan jika ia memang kian matang untuk menjadi megabintang.

Meski klubnya harus kalah tipis 2-1 di Santiago Bernabeu, namun Kubo menunjukkan aksi fenomenal. WhoScored memberinya ponten 7,6 atau yang tertinggi di antara para penggawa La Real.

Selama 90 menit, ia juga mengumpulkan 2 tembakan, 88% akurasi umpan, 4 operan kunci, juga 3 dribel sukses dari 7 percobaan. Bahasa kekiniannya, 'ga ada obat'.

Gol Sociedad yang dicetak oleh Ander Barrenetxea yang tercipta di menit kelima pun juga lahir berkat kerja keras Kubo.

Crossing-nya dari sisi kanan berhasil ditembak oleh Barrenetxea secara first time namun bola masih bisa diblok oleh kiper Kepa Arrizabalaga. Beruntung rebound kemudian masih jatuh ke kaki sang penyerang Spanyol dan tim tamu pun dibuat unggul selama babak pertama.

Kubo benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Fran Garcia dan Toni Kroos yang bertugas untuk menjaganya. Kroos bahkan sempat dikolongi oleh Kubo yang notabene adalah mantan rekannya sendiri di Real Madrid sebelum akhirnya dilepas permanen oleh Los Blancos pada bursa transfer musim panas 2022 silam.

Sebenarnya satu gol juga bisa ia dapatkan lewat eksekusi kaki kiri briliannya pada menit ke-11 namun wasit harus menganulirnya karena menganggap Mikel Oyarzabal berada dalam posisi offside.

Tidak heran jika kini mata dunia tertuju pada Takefusa Kubo lagi yang sebelumnya sempat dianggap wonderkid gagal usai kegagalannya menembus tim utama Barcelona dan Real Madrid.

Kini jebolan akademi FC Tokyo dan Kawasaki Frontale tersebut perlahan memulihkan reputasinya dengan telah mengemas 3 gol plus 1 assist dari 5 penampilan di Liga Spanyol 2023/2024.

Bahkan tidak sedikit pula yang meyakini jika Kubo pantas menjadi penerus Salah apabila nanti meninggalkan Liverpool.

Bukan tugas mudah karena bisa dibilang Salah adalah tulang punggung Liverpool dengan torehan 188 gol dan 83 assist dari 310 pertandingan sejak 2017.

Yang layak mengisi perannya nanti hanya pemain dengan kemampuan super serta ketahanan memanggul ekspektasi besar dari para suporter The Reds.

Apakah Kubo sudah menjadi pemain selevel Salah? jelas belum karena masih ada gap jauh di antara keduanya.

Akan tetapi sedikit banyak Kubo sudah bisa menunjukkan sejumlah potensi di Real Sociedad yang mungkin dapat dibawanya ke Liverpool.