Timnas Indonesia

Indra Sjafri Terpukau Cara Timnas Indonesia U-24 Bongkar Pertahanan Kirgistan

Rabu, 20 September 2023 07:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Naif Al'as/NOC Indonesia
Timnas Indonesia U-24 jelang duel kontra Kirgistan di grup F Asian Games 2022 (19/09/23). (Foto: Naif Al'as/NOC Indonesia) Copyright: © Naif Al'as/NOC Indonesia
Timnas Indonesia U-24 jelang duel kontra Kirgistan di grup F Asian Games 2022 (19/09/23). (Foto: Naif Al'as/NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-24 berhasil memenangi laga perdana Grup F Asian Games 2022. Skuat Garuda Muda membungkam Kirgistan dengan skor meyakinkan 2-0 di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Selasa (19/9/23) semalam. 

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol, sehingga timnas U-24 kemudian melakukan perubahan gaya bermain. Hasilnya, Ramai Rumakiek mencetak gol pada menit ke-58. 

Setelahnya, pelatih Indra Sjafri menarik sejumlah pemain dan mengganti dengan tenaga baru. Keputusan itu tepat karena pemain pengganti, Hugo Samir, menyumbangkan gol kedua pada menit 90+2. 

Meski menang, Indra Sjafri mengaku laga semalam tidak berjalan mudah. Pemain masih beradaptasi karena laga pembuka selalu membuat tegang. 

"Hari ini pertandingan pertama bagi kami dan dalam setiap turnamen pertandingan pertama itu sangat penting ya. Alhamdulillah kami bisa memenangi pertandingan," kata Indra Sjafri. 

Juru taktik berusia 60 tahun itu memuji semangat pantang menyerah dari Syahrian Abimanyu dkk. yang terus berusaha mencari celah di jantung pertahanan Kirgistan. 

"Terima kasih kepada semua pemain yang sudah berjuang hari ini dan memberikan tiga poin untuk bisa melangkah selanjutnya," tutur Indra Sjafri. 

Mengenai kunci kesuksesan meraih tiga angka, Indra Sjafri menjelaskan itu buah dari utak-atik strategi. Dia melakukan pergantian cepat di awal babak kedua, kemudian mengganti pemain sesuai kebutuhan taktikal counter attack.  

Eks pelatih Bali United itu menegaskan, Kirgistan adalah lawan yang menyulitkan. Beruntung, timnas Indonesia U-24 bisa bermain tenang dan menguasai permainan, terutama babak kedua. 

"Babak pertama memang sulit karena laga pertama dan kami menguasai pertandingan dan bisa dilihat sendiri semua pemain kami menguasai jalannya pertandingan tetapi gol belum terjadi," ucap Indra Sjafri. 

"Kami menyadari Kirgistan ingin bermain agresif di babak kedua dan kami melakukan defence dan bermain dengan counter attack" imbuhnya.