In-depth

Jesper Blomqvist, Mantan AC Milan dan Manchester United yang Punya Passion Unik

Rabu, 20 September 2023 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/jesperblomqvistofficial
Mantan pemain Manchester United, Jesper Blomqvist. Foto: instagram/jesperblomqvistofficial. Copyright: © instagram/jesperblomqvistofficial
Mantan pemain Manchester United, Jesper Blomqvist. Foto: instagram/jesperblomqvistofficial.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali sosok Jesper Blomqvist, mantan pemain AC Milan sekaligus peniru gol Pele yang punya kisah menarik di Manchester United.

Jesper Blomqvist merupakan mantan pesepak bola yang dulu berposisi sebagai gelandang dan sempat singgah di sejumlah klub Eropa.

Sepanjang kariernya, ia pernah bermain tidak hanya di dua klub di atas, tetapi juga Parma, Everton, dan Charlton Athletic.

Namun di antara klub-klub tersebut, ia sempat terkenal gara-gara melakukan variasi gol Pele saat bermain untuk IFK Goteborg.

Golnya saat menghadapi Helsingborgs pada 1995 pun mencuri perhatian karena meniru aksi yang dikenal sebagai Pele Runaround Move.

Bukan hanya itu, gol tersebut bahkan dinobatkan sebagai Goal of the Season dan membawa nama Jesper Blomqvist makin terkenal.

Setelah IFK Goteborg, Jesper Blomqvist kemudian pindah ke AC Milan pada 1996. Namun sayangnya, ia gagal bersinar di sana.

Jesper Blomqvist sudah mengalami masa-masa sulit sejak musim pertamanya di Liga Italia, apalagi saat itu AC Milan juga gagal dalam perburuan trofi mereka.

Hanya kurang lebih satu tahun di AC Milan, Jesper Blomqvist kemudian dilepas ke sesama klub Italia, Parma, pada 1997.

Meski tidak berbeda jauh dari AC Milan jika bicara jumlah penampilan, mantan gelandang kelahiran Swedia tersebut tampil lebih sering sebagai reguler di Parma.

Setelah menjalani periode sulit AC Milan dan Parma, Jesper Blomqvist akhirnya merasakan hari-hari yang menarik di Manchester United.

Ia direkrut Setan Merah pada awal musim 1998/1999 dan memroyeksikannya sebagai cadangan Ryan Giggs.

Perekrutannya saat itu pun menjadi keberhasilan Sir Alex Ferguson yang dulu pernah membidiknya saa masih di IFK Goteborg.

Bersama Manchester United, Jesper Blomqvist pun mencatatkan prestasi yang jauh lebih mentereng ketimbang saat di AC Milan dan Parma.

Ia menjadi bagian skuad juara Manchester United yang meraih trebel Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA pada musim 1998/1999.