In-depth

Profil Fabio Miretti, Gelandang Muda yang Cetak Sejarah Kalahkan Duo Legenda Juventus

Rabu, 20 September 2023 20:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Massimo Pinca
Reaksi Fabio Miretti di laga Juventus vs Benfica (15/09/22). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca) Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Reaksi Fabio Miretti di laga Juventus vs Benfica (15/09/22). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Profil Fabio Miretti, gelandang muda milik klub raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus yang baru saja mencetak sejarah bisa kalian simak di artikel ini.

Sebagaimana diketahui, Fabio Miretti baru saja mencetak sejarah saat dimainkan sebagai starter di laga pekan keempat Liga Italia 2023-2024 antara Juventus vs Lazio.

Bermain di Juventus Stadium pada Sabtu (16/09/23) lalu, Fabio Miretti sukses membawa Si Nyonya Tua menang dengan skor telak 3-1. Tiga gol tuan rumah dicetak Dusan Vlahovic (10',67') dan Federico Chiesa (26').

Meski gagal mencetak gol maupun assist, penampilan Fabio Miretti dinilai cukup memukau. Yang lebih membanggakan, ia sudah mencapai 50 penampilan di skuat Si Nyonya Tua.

Ia berhasil menyalip catatan milik legenda Juventus bernama Alessandro Del Piero dan Claudio Marchisio.

Sebagaimana diwartakan juvefc.com dari Tuttosport, Fabio Miretti berhasil mencapai milestone 50 penampilan pada usia yang lebih muda dari dua sosok tersebut di atas.

Pasalnya, usia Fabio Miretti saat ini baru 20 tahun 1 bulan. Padahal, pada usia yang sama, Alessandro Del Piero hanya mencatatkan 35 penampilan untuk tim utama.

Sementara itu, Claudio Marchisio saat usianya sudah lewat 20 tahun malah baru debut bersama tim utama Juventus.

Fabio Miretti merupakan pemain yang lahir di Pinerolo, Italia pada 3 Agustus 2003 silam. Ia merupakan jebolan asli dari akademi Juventus.

Ia dipromosikan oleh Massimiliano Allegri ke skuat utama pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, atau jelang bergulirnya musim 2022-2023.

Pada Januari 2022 lalu, ia dimasukkan sebagai pemain pengganti Juan Cuadrado di pertandingan Juentus melawan Salernitana.

Meski sempat dipandang sebelah mata oleh segelintir penggemar saat itu, Fabio Miretti terus melangkah bersama Bianconeri hingga akhirnya dipercaya Massimiliano Allegri menjadi starter.

Di laga kontra Venezia pada 1 Mei 2022 lalu, awal nama Fabio Miretti mulai jadi perbincangan publik sepak bola khususnya Italia.

Ia sukses menjawab kepercayaan pelatih dengan menjadi aktor di balik dua gol Juventus yang dicetak Leonardo Bonucci kala itu.