Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: PSM Makassar Cuci Gudang Lepas 6 Pilar, Pluim jadi Hot Saga

Kamis, 21 September 2023 15:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 mulai panas meski jendela transfer paruh musim masih belum dibuka, PSM Makassar kabarnya akan melepas enam pemain penting. Foto: Adriyan Adirizky/INDOSPORT Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 mulai panas meski jendela transfer paruh musim masih belum dibuka, PSM Makassar kabarnya akan melepas enam pemain penting. Foto: Adriyan Adirizky/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 mulai panas meski jendela transfer paruh musim masih belum dibuka, PSM Makassar kabarnya akan melepas 6 pemain penting.

Ada gejolak internal yang menimpa PSM Makassar, masalah utamanya yakni kendala finansial, dan diprediksi banyak pemain yang akan hengkang pada paruh musim nanti.

Salah satu pentolan suporter PSM Makassar, Ozil Maczman, sempat membuat Whatsapp Story dan menulis enam nomor punggung pemain yang kabarnya akan hengkang.

Di antara enam nomor punggung tersebut, empat di antaranya adalah pemain asing, lalu ada satu pemain lokal andalan Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Wiljan Pluim

Pemain asing yang sudah bersama PSM Makassar sejak tahun 2016, Willem Jan Pluim akhirnya harus mempertaruhkan loyalitasnya karena masalah finansial yang menimpa klub.

Salah satu pencapaian terbaik pemain asal Belanda itu adalah membawa PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2018/2019, hingga juara Liga 1 2021/2022.

Mendengar kabar Wiljan Pluim berpotensi hengkang, saat ini sudah ada tiga klub Liga 1 yang mengantre dapatkan tanda tangan sang pemain, yakni Dewa United, Persis Solo, dan Persib Bandung.

Persib Bandung lebih diunggulkan dalam perburuan Pluim karena dilatih oleh Bojan Hodak, pelatih yang juga pernah bekerja sama dengan Pluim saat masih di PSM.

2. Raka Okta Bernanda

Kiper muda binaan PSM Makassar, Raka Okta Bernanda, juga dikabarkan masuk ke daftar pemain yang dilepas Pasukan Ramang pada paruh musim Liga 1 2023/2024.

Salah satu alasannya yakni gemuknya sektor kiper PSM musim ini, ada Reza Arya Pratama, Ardiansyah, Syamil Bahij, dan Suardi Harlan. Ada pula kemungkinan PSM merekrut kiper asing, sehingga Raka Okta harus dicoret.

3. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Besar kemungkinan ia akan meninggalkan PSM Makassar pada paruh musim Liga 1 2023/2024.

Sudah beberapa kali Yakob Sayuri melempar kode bahwa gajinya ditahan oleh PSM, baik melalui Instagram atau TikTok. Kini, ia telah mengonfirmasi jika gajinya sudah dibayar.

Meski begitu, Yakob Sayuri adalah pemain yang laris di pasaran. Besar kemungkinan ia akan pergi dari tim musim ini, tetapi sepaket dengan saudara kembarnya, Yance Sayuri.

4. Yuran Fernandes

Yuran Fernandes belakangan ini absen dari latihan PSM Makassar, bahkan ia tidak ikut serta dalam lawatan menghadapi Hai Phong FC dalam penyisihan Grup H AFC Cup 2023.

Yuran Fernandes dikabarkan segera pergi karena permasalahan finansial yang terjadi di tim. Namun, belum diketahui kemana pemain asal Tanjung Verde itu berlabuh nanti.

5. Kenzo Nambu

Pemain asing lainnya yang dikabarkan akan meninggalkan Pasukan Ramang adalah Kenzo Nambu. Padahal, pemain asal Jepang ini yang jadi tulang punggung ketika Yuran dan Pluim absen.

Andai Kenzo Nambu benar-benar cabut dari PSM, nampaknya tidak sulit bagi pemain 31 tahun itu untuk mendapatkan klub baru di Liga 1, mengingat statistiknya cukup bagus.

Kenzo Nambu sudah mencetak 6 gol dari 12 laga musim ini. Sedangkan musim lalu ia juga berkontribusi melesakkan 9 gol dari 31 laga, hingga membuat PSM keluar sebagai juara.

6. Everton Nascomento

Everton Nascomento bukanlah pendatang baru di Liga 1 musim ini. Ia sudah membela PSM sejak musim lalu, tetapi statistiknya kurang mumpuni sebagai striker asing.

Musim lalu, Everton mencetak 9 gol saja, dan musim ini pun ia baru mencetak 1 gol dari 11 laga. Wajar jika ia mendapat evaluasi dari pelatih dan berpotensi dicoret pada paruh musim.