In-depth

3 Alasan Altay Bayindir Layak Dicoba Jadi Starter Gantikan Andre Onana di Manchester United

Sabtu, 23 September 2023 07:20 WIB
Editor: Juni Adi
© fenerbahce.org
Kiper Fenerbah├že S.K., Altay Bayindir. (Foto: fenerbahce.org) Copyright: © fenerbahce.org
Kiper Fenerbah├že S.K., Altay Bayindir. (Foto: fenerbahce.org)

INDOSPORT.COM - Performa buruk Andre Onana di awal musim ini bersama klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membuat Erik ten Hag didesak untuk coba memainkan Altay Bayindir sejak menit awal.

Manchester United mengusung misi bangkit saat bertandang ke markas Burnley dalam lanjutan pertandingan pekan ke-6 Liga Inggris di Stadion Turf Moor pada Minggu (24/09/23) dinihari WIB.

Saat ini Manchester United bertengger di peringkat ke-13 klasemen Liga Inggris dengan 6 poin, sedangkan Burnley berada di urutan ke-19 dengan 1 poin.

Di atas kertas jelas Manchester United harusnya bisa merebut 3 poin dengan mudah. Sayangnya target itu bisa saja gagal diwujudkan mengingat performa tim tamu yang sedang hancur.

Seperti kita ketahui, Manchester United mengawali kompetisi musim ini dengan mengecewakan karena hanya bisa memenangkan 2 dari 6 pertandingan dimana 3 kekalahan di antaranya dialami secara beruntun.

Pertama mereka tumbang 1-3 dari Arsenal, lalu dibantai Brighton 1-3 dan terbaru kalah tipis 3-4 dari Bayern Munchen di Liga Champions.

Tren negatif ini membuat publik banyak mengkiritik penampilan para pemain, salah satu yang sangat diperbincangkan adalah Andre Onana.

Andre Onana sendiri didatangkan Manchester United dari Inter Milan setelah bermain apik musim lalu, hingga mampu membawa Nerazzurri jadi finalis Liga Champions. Di sisi lain, kiper Manchester United saat itu David De Gea juga sedang menurun.

Tak ayal Erik ten Hag ngotot agar manajemen mendatangkan kiper asal Kamerun itu. Namun dari pertandingan yang sudah dilakoni, publik kecewa melihat performanya.

Onana tak setangguh yang dibayangkan karena ia sudah kebobolan 28 gol dan baru menciptakan 2 cleansheet dari 12 penampilan di semua kompetisi.

Distribusi bolanya yang jadi andalan karena Onana dikenal sebagai salah satu kiper modern bisa melakukan build-up serangan dari bawah juga tidak bagus-bagus amat.

Per 90 menit ia hanya membuat 27,7% operan akurat dilansir dari FBRef. Padahal publik khususnya pendukung Manchester United sangat berekspektasi tinggi.

Terhadap kemampuan Onana dalam mengawali gawang tim kesayangan musim ini. Kebanyakan dari mereka berharap jala gawang tidak mudah bergetar, namun masih belum sesuai harapan.

Setelah melihat di enam laga awal penampilan Onana, membuat pendukung Manchester United mendesak Erik ten Hag untuk coba memainkan kiper cadangan, Altay Bayindir, sebagai strater. Berikut beberapa alasan mendukung.