In-depth

Bek Ligue 1 Absen, Uzbekistan Pantas Khawatirkan Ramadhan Sananta

Rabu, 27 September 2023 22:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Uzbekistan pantas mengkhawatirkan Timnas Indonesia dan Ramadhan Sananta yang sudah gabung di Asian Games 2022 seiring absennya bek Ligue 1, Abdukodir Khusanov. Copyright: © PSSI
Uzbekistan pantas mengkhawatirkan Timnas Indonesia dan Ramadhan Sananta yang sudah gabung di Asian Games 2022 seiring absennya bek Ligue 1, Abdukodir Khusanov.

INDOSPORT.COM - Uzbekistan pantas mengkhawatirkan Ramadhan Sananta yang sudah gabung di Asian Games 2022. Absennya bek Ligue 1, Abdukodir Khusanov, membuat Sananta bisa jadi kunci sukses Timnas Indonesia U-24, Kamis (28/9/23).

Abdukodir Khusanov merupakan salah satu bek tangguh yang naik daun di Uzbekistan. Bek berusia 19 tahun itu sudah direkrut kontestan Ligue 1, RC Lens.

Abdukodir Khusanov datang bukan gratisan. RC Lens disebut-sebut mengeluarkan dana 100 ribu Euro atau sekitar Rp1,6 Miliar untuk menebusnya dari klub Bulgaria, Energetik-BGU Minsk.

Abdukodir Khusanov sudah menjadi andalan RC Lens dalam usia yang sangat muda. Ia menunggu momen empat kali jadi cadangan sebelum masuk tim inti saat melawan FC Metz di Ligue 1, pada 17 September 2023 lalu.

Kepercayaan RC Lens menguntungkan Indonesia karena Abdukodir Khusanov tak dibawa Uzbekistan ke Asian Games 2022. Tempat Khusanov di pos bek tengah digantikan nama lain yang bermain di liga domestik Uzbekistan.

Maka, ada kans bagi Ramadhan Sananta untuk mengacak-acak pertahanan Uzbekistan, meski tak juga mudah. Ramadhan Sananta membutuhkan umpan-umpan matang dari Egy Maulana Vikri dkk.

Mood Bagus ke China

Yang jelas, Ramadhan Sananta gabung ke Timnas Indonesia U-24 dalam mood bagus. Sananta sukses membawa Persis Solo meraih dua kemenangan beruntun di Liga 1.

Sananta mencetak satu gol saat membawa Persis Solo memenangi derbi Jawa Tengah atas PSIS Semarang 2-0, Sabtu (6/9/23). Gol dicetak lewat heading, memanfaatkan umpan Eky Taufik.

Kemudian, Sananta tampil saat Persis Solo meraih kemenangan tandang perdana di Liga 1 2023-2024 atas RANS Nusantara FC 2-1, Jumat (22/9/23).

Kini, Sananta siap berjuang bersama tim Merah Putih lagi. Sebelum keberangkatan ke China 'tertunda', Sananta sudah menunjukkan tekad untuk membawa Indonesia berprestasi di Asian Games 2022.

"Tentunya dengan gol ini menambah kepercayaan diri saya sebagai striker. Saya terus berproses untuk mengembangkan diri saya," kata Sananta saat diwawancara INDOSPORT usai melawan PSIS lalu.