Liga 1

Tekad Keras Ezra Walian Kembali Berkostum Timnas Indonesia

Rabu, 27 September 2023 18:26 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain depan Persib Bandung, Ezra Walian. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain depan Persib Bandung, Ezra Walian.

INDOSPORT.COM - Winger Persib Bandung, Ezra Walian, mengaku ingin kembali memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia, karena itu merupakan salah satu cita-citanya.

Saat resmi dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI), Ezra Walian mengaku memiliki target untuk memperkuat Timnas, sehingga dia selalu bekerja keras dan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

"Tentu saja, aku dinaturalisasi karena aku punya darah dari Indonesia, aku mau juga main di timnas, aku kerja keras," kata Ezra Walian.

Ezra Walian, sebelumnya sempat memperkuat Timnas Indonesia, dia menjalani debut bersama Skuad Garuda saat ditangani pelatih Luis Milla, pada pertandingan persahabatan lawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 21 Maret 2017 lalu.

Pada pertandingan tersebut, Ezra tampil di awal babak kedua, untuk menggantikan peran Nur Hardianto. Laga persahabatan itu, berakhir 1-3 untuk kemenangan tim tamu.

Selain itu, Ezra juga sempat memperkuat Timnas Indonesia pada pertandingan persahabatan internasional lainnya dan menjadi bagian Skuad Garuda pada Piala Piala AFF 2020.

Menurut Ezra, ketika tidak mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia dia akan fokus menampilkan permainan terbaiknya bersama tim Persib Bandung.

"Ketika tidak main di Timnas, aku fokus di Persib setiap saat," tegas pemain berusia 25 tahun ini.

Lebih lanjut Ezra menuturkan, jika mendapatkan kesempatan lagi memperkuat Timnas Indonesia, dia bakal berusaha menjawab kepercayaan tersebut dengan tampil maksimal.

"Bagi saya, kita lihat nanti, jika dipercaya membela timnas lagi tentu saja (mau). Saya akan bekerja keras, tentu saya ingin bermain untuk timnas. Itu perasaan yang paling spesial, aku bangga sekali main untuk Timnas," tegas Ezra.

Sementara itu, bersama Persib di kompetisi Liga 1 2023-2024, Ezra Walian sudah mendapatkan kesempatan tampil pada 12 pertandingan dengan mengoleksi dua gol dan satu assist. 

Pada 12 pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, Ezra mendapat kepercayaan dari Bojan Hodak tampil di beberapa posisi, di antaranya sayap, gelandang dan striker.

Menurut Ezra, sebagai pemain sepak bola profesional dia harus bisa bermain di berbagai posisi, sehingga saat pelatih menurunkannya dalam pertandingan dia berusaha menjawab kepercayaan itu dengan tampil sebaik mungkin.

"Saya rasa, saya bisa bermain dimana saja. Dan apa yang pelatih katakan pada saya, dia bicara bahwa saya bisa bermain di mana saja," ungkap Ezra.

Selain itu, Ezra menegaskan pada setiap pertandingan dia selalu menargetkan kemenangan, untuk itu dia berusaha berkontribusi bagi tim yang dibelanya.

"Jadi seperti yang sudah saya katakan, yang terpenting adalah membantu tim, pada akhirnya kami meraih tiga poin dan kami tentu senang," ungkapnya.

"Tidak peduli dimana (posisi bermain), saya menyukai semua posisi. Yang terpenting adalah tampil fight," tegas pemain jebolan Ajax Amsterdam ini.

Sementara itu, saat ini Persib menyumbangkan dua pemain ke Timnas Indonesia U-24 yang tampil di Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok. Kedua pemain tersebut yakni Rachmat Irianto dan Robi Darwis.

Beckham Putra Nugraha, sebelumnya juga mendapat panggilan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-24. Hanya saja, dia mengalami cedera sehingga batal dibawa oleh pelatih Indra Sjafri.