Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Bojan Hodak Ogah Boyong Pluim ke Persib, PSIS Kegirangan

Jumat, 29 September 2023 19:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter/@PSM_Makassar
Aksi Wiljan Pluim pada laga PSM Makassar vs Becamex Binh Duong. Kini pemain asal Belanda itu dikabarkan dekat dengan Persib Bandung hingga PSIS Semarang. Copyright: © Twitter/@PSM_Makassar
Aksi Wiljan Pluim pada laga PSM Makassar vs Becamex Binh Duong. Kini pemain asal Belanda itu dikabarkan dekat dengan Persib Bandung hingga PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer Liga 1 kembali bergeliat ketika Wiljan Pluim absen bermain untuk PSM Makassar dan kabarnya terus dipantau oleh pelatih Persib Bandung.

Sebagaimana diketahui, Wiljan Pluim adalah pemain asing yang sudah lama membela PSM Makassar. Gelandang asal Belanda itu membela Pasukan Ramang sejak tahun 2016 silam.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2018/19, hingga juara Liga 1 2021/2022.

Sang kapten masih setia bersama Juku Eja meski pemain dan pelatih datang dan pergi. Bahkan, harus diakui tidak banyak pemain lawas yang tersisa di tubuh PSM saat ini.

Wiljan Pluim pernah mendapatkan arahan dari berbagai pelatih, mulai Robert Rene Alberts, Darije Kalezic, Bojan Hodak, Milomir Seslija, Joop Gall, hingga kini Bernardo Tavares.

Namun kini, memasuki tahun ke-8 bersama PSM, Wiljan Pluim kabarnya akan hengkang dari klub. PSM diduga kesulitan keuangan untuk membayar gaji pemain.

Konon, sudah ada empat klub yang antri ingin dapatkan jasa sang kapten, mulai dari Dewa United, Persis Solo, Persib Bandung, hingga PSIS Semarang.

Di antara tiga klub tersebut, Wiljan Pluim mungkin paling dekat dengan kubu Persib Bandung. Pasalnya, klub asal Jawa Barat itu kini sedang diampu oleh Coach Bojan Hodak.

Pelatih berkebangsaan Kroasia itu pernah bekerja sama dengan Wiljan Pluim ketika ia masih membesut PSM Makassar di Liga 1 2020 lalu.

Tetapi belakangan, Bojan Hodak kabarnya menepis kemungkinan Wiljan Pluim ke Persib, karena sebenarnya kapten PSM itu tak masuk dalam skema permainan Maung Bandung.

Antara PSM, Persib dan PSIS

Beberapa waktu terakhir, beredar kabar jika Bojan Hodak pernah ingin mencoret Wiljan Pluim, ketika pelatih asal Kroasia itu masih menjabat sebagai juru taktik PSM Makassar.

Selain itu, Wiljan Pluim juga sudah terlampau senior, tahun ini usianya sudah 34 tahun, dan mungkin tidak masuk dalam prioritas Persib Bandung untuk mengarungi Liga 1 2023/24.

Apalagi Wiljan Pluim pernah mengatakan bahwa ia ingin pensiun di Juku Eja. Rasanya nyaris mustahil bagi pemain asal Belanda itu untuk hijrah ke Persib Bandung.

Pada kesempatan lainnya, Media Officer PSM Makassar, Abdul Karim menuturkan jika Wiljan Pluim sampai kini masih tercatat sebagai pemain Juku Eja.

"Pemain asing PSM untuk Liga 1 tetap enam orang, tidak ada yang pergi. Pemain asing PSM tetap enam, tidak ada yang berkurang," tutur Abdul Karim dalam sesi konferensi pers.

Tetapi jika melihat media sosial istri Wiljan Pluim, ia sempat membuat unggahan dan menuliskan tanda cinta berwarna biru. Apakah yang dimaksud adalah PSIS Semarang?

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi menuturkan bahwa ia belum ada pembicaraan dengan Wiljan Pluim, dan sejauh ini masih sebatas rumor.

"PSIS masih menikmati kompetisi dan terus berbenah menjadi lebih baik. Saya no comment dulu dengan rumor-rumor yang gak tahu awal mulanya keluar dari siapa," ucapnya.

Dalam waktu dekat, PSM akan menghadapi PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, Sabtu (30/09/23). Wiljan Pluim dipastikan absen lagi di laga ini.

Hal ini mestinya menjadi keuntungan bagi PSIS, karena salah satu pilar PSM harus absen. Laskar Mahesa Jenar ingin meraih 3 poin dan naik ke top 3 klasemen Liga 1.