In-depth

Bak Pinang Dibelah 2, Alasan Kenapa Antonio Conte Tak Cocok Gantikan Jose Mourinho di AS Roma

Sabtu, 30 September 2023 19:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© INDOSPORT
Kursi manajer Jose Mourinho di AS Roma terasa semakin panas usai sosok pemenang empat trofi Liga Italia (Serie A), Antonio Conte, diisukan akan menggantikannya. Copyright: © INDOSPORT
Kursi manajer Jose Mourinho di AS Roma terasa semakin panas usai sosok pemenang empat trofi Liga Italia (Serie A), Antonio Conte, diisukan akan menggantikannya.

INDOSPORT.COM - Kursi manajer Jose Mourinho di AS Roma terasa semakin panas usai sosok pemenang empat trofi Liga Italia (Serie A), Antonio Conte, diisukan akan menggantikannya.

Kedua manajer sudah terlibat rivalitas yang cukup sengit sejak sekitar satu dekade terakhir dengan Conte punya empat kemenangan dari tujuh pertemua di segala ajang dan seringkali terlibat adu komentar pedas dengan Mourinho.

Sejumlah media Italia mengabarkan manajemen AS Roma memang memperhitungkan untuk merekrut Conte jika situasi di bawah Mourinho tidak membaik.

I Lupi menjalani salah satu start terburuk mereka di era modern dengan hanya memenangkan satu pertandingan saja di Liga Italia 2023/2024 sembari menelan tiga kekalahan.

Terbaru mereka dibantai oleh Genoa 4-1 yang menempatkan Paulo Dybala dan kolega di posisi 16 klasemen sementara.

Di atas kertas, penunjukan Conte adalah langkah paling jitu yang bisa dilakukan oleh mereka yang duudk di balik meja Stadio Olimpico.

Pria Italia berusia 54 tahun itu adalah juru taktik papan atas dengan pengalaman membawa Inter Milan dan Juventus meraih sukses di kancah domestik Negeri Pizza.

Antonio Conte juga akan membawa resep rahasia bagaimana memanfaatkan potensi Romelu Lukaku yang di I Nerazzurri ia jadikan striker kelas dunia.

Belum lagi eks bos Chelsea dan Tottenham Hotspur itu juga sejak lama menyimpan perasaan suka pada AS Roma. Di 2019, Conte sempat membeberkan mimpi untuk suatu saat bisa menukangi Serigala Ibu Kota.

"Entah kapan, saya akan melatih Roma. Di Olimpico anda bisa merasakan semangat luara biasa dari suporternya. Roma adalah hidup mereka," beber Conte pada Gazzetta dello Sport.

"Saya jatuh cinta pada Roma selama dua tahun saya bersama timnas Italia. Hari ini mungkin masih tidak mungkin namun cepat atau lambat saya akan ke Roma," tambahnya.

AS Roma sendiri punya perasaan yang sama mengingat di 2020 mereka juga nyaris mendapatkan Conte sebelum akhirnya justru batal bersatu meski legenda klub, Francesco Totti, sudah meyakini deal akan tercapai.

Totti menganggap jika Conte adalah manajer dengan rencana jelas. Ia tahu siapa pemain yang ia butuhkan untuk meraih trofi dan juga pandai menguasai ruang ganti.

Dalam waktu dekat mungkin takdir akan mempersatukan mereka namun apakah benar AS Roma akan jadi lebih baik di tangan Antonio Conte ketimbang Jose Mourinho?.

Mungkin iya namun bisa jadi juga tidak mengingat mereka cukup punya banyak kemiripan secara kepribadian hingga taktik. AS Roma harus mempertimbangkan poin-poin di bawah sebelum membuat keputusan besar soal manajer mereka.