In-depth

Bedah Formasi 'Ngeri' Manchester United jika Gaet Federico Chiesa, di Mana Si Winger Super Bermain?

Sabtu, 30 September 2023 16:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Alberto Lingria
Manchester United dikabarkan hendak mendatangkan Federico Chiesa ke Liga Inggris (Premier League) pada bursa transfer musim dingin mendatang. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Manchester United dikabarkan hendak mendatangkan Federico Chiesa ke Liga Inggris (Premier League) pada bursa transfer musim dingin mendatang. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Manchester United dikabarkan hendak mendatangkan Federico Chiesa ke Liga Inggris (Premier League) pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Dilansir dari Calciomercato, kebutuhan akan suntikan kualitas di lini depan membuat Setan Merah enggan menunggu sampai pergantian musim kompetisi.

Meski isunya masih samar-samar dan ditenggarai hanya berhembus untuk membuat sang pemain mendapatkan kontrak yang lebih baik dari Juventus, namun Manchester United memang butuh bintang seperti Chiesa.

Chiesa adalah salah satu pemain paling on fire saat ini di liga top Eropa dengan sudah mengemas empat gol dan satu assist dari enam penampilan Liga Italia 2023/2024.

Tidak heran jika namanya kemudian dikaitkan dengan klub lain mengingat Juventus kabarnya butuh dana segar untuk mengisi kas kosong juga kontrak yang bersangkutan bakal habis per 1 Juli 2025.

Erik ten Hag selaku pelatih Manchester United diklaim melihat Chiesa sebagai solusi untuk barisan penyerang timnya.

Selain masih cukup muda di suai 25 tahun, putra dari Enrico Chiesa itu juga cukup versatile dengan kemampuannya mengisi pos sayap kanan dan kiri juga penyerang tengah.

Menariknya, Federico Chiesa naturalnya adalah seorang winger kiri yang bertugas untuk menusuk ke tengah alias inverting dan kemudian melepaskan umpan kunci ataupun tembakan.

Peran tersebut ia jalani baik bersama Fiorentina, Juventus, maupun timnas Italia dengan level kebebasan roaming yang berbeda-beda.

Padahal di atas kertas skuad Manchester United saat ini paling butuh penyerang tengah untuk menemani, melapisi, dan menyaingi Rasmus Hojlund dengan anggapan Anthony Martial tidak lagi masuk rencana Ten Hag.

Sisi kanan dan kiri sudah cukup penuh. Di kanan ada Antony Santos, Facundo Pellistri, juga Amad Diallo sementara itu di sisi seberang siap bermain juga Marcus Rashford serta Alejandro Garnacho.

Jadon Sancho bahkan belum dimasukkan dengan pertimbangan konfliknya dengan pelatih kemungkinan besar bakal berujung perpisahan namun jika fit dan tersedia, eks Borussia Dortmund itu bisa bermain dimana saja dengan sayap kiri menjadi posisi favoritnya.

Fakta tersebut membuat tanda tanya soal dimana Chiesa bermain jika bergabung ke Manchester United pun muncul.

Mengingat ia adalah salah satu aset terbaik Juventus, diperkirakan harga yang diinginkan oleh Nyonya Tua untuk melepasnya ada di kisaran 70 juta Euro.

Transaksi yang dilakukan di bursa transfer musim dingin saat grafik performa Chiesa tengah menanjak juga dapat semakin melipatgandakan uang yang harus dikeluarkan Manchester United sehingga opsi hanya menjadikannya cadangan jelas bukan yang terbaik.