In-depth

Dari Cunningham sampai Beckham, Menilik Rapor Start Pemain Inggris di Real Madrid sebelum Bellingham

Minggu, 1 Oktober 2023 16:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© realmadrid
Bulan madu Jude Bellingham dan Real Madrid rupanya belum usai pasca ia kembali tampil apik di laga lanjutan Liga Spanyol (La Liga) vs Girona, Sabtu (30/09/23). (Foto: realmadrid) Copyright: © realmadrid
Bulan madu Jude Bellingham dan Real Madrid rupanya belum usai pasca ia kembali tampil apik di laga lanjutan Liga Spanyol (La Liga) vs Girona, Sabtu (30/09/23). (Foto: realmadrid)

INDOSPORT.COM - Bulan madu Jude Bellingham dan Real Madrid rupanya belum usai pasca ia kembali tampil apik di laga lanjutan Liga Spanyol (La Liga) vs Girona, Sabtu (30/09/23) malam.

Pasca penampilannya dikritik saat menghadapi Atletico Madrid, sang gelandang Inggris kembali mencatatkan namanya di papan skor Los Blancos bertandang ke markas Los Gironistes.

Bellingham juga membidani gola pembuka Real Madrid yang dicetak oleh Joselu. Akhirnya Girona pun takluk 0-3 dan dipaksa menyerahkan status pemimpin klasemen sementara Liga Spanyol pada tamunya.

Tidak sia-sia Real Madrid menebusnya pada bursa transfer musim panas lalu seharga 103 juta Euro dari Borussia Dortmund.

Publik tahu jika Bellingham adalah pemain dengan talenta masif namun tidak ada yang menyangka jika ia bakal langsung tancap gas di ibu kota Spanyol.

Jebolan akademi Birmingham City itu kini sudah mengemastujuh gol dan dua assist dari delapan start di semua ajang sejak bergabung dengan Real Madrid.

Padahal usianya baru 20 tahun dan sukses di Real Madrid sangat jarang dilakukan oleh bintang asal Inggris.

Boleh dibilang Jude Bellingham adalah pembelian tersukses Si Putih dari negeri Raja Charles bila dihitung dari penampilan awalnya saja. Namun, bagaimana sebenarnya rapor para pendahulu sang wonderkid?.

1. Laurie Cunningham

Real Madrid memang jarang memiliki legiun asing asal Inggris namun mereka sudah memulai memberdayakan mereka sejak 1979/1980 dimulai dengan membeli Laurie Cunningham dari West Brom seharga 1,1 juta Euro.

Sang penyerang sayap punya start cukup apik dengan langsung mencetak brace dalam debut di Liga Spanyol melawan Valencia dan mengantarkan klubnya menang 2-1.

Di laga berikutnya Cunningham hanya menjadi subtitusi kontra Rayo Vallecano namun unjuk gigi lagi ketiga satu golnya membawa Real Madrid memenangi El Clasico menggadapi Barcelona yang berakhir 3-2 di Santiago Bernabeu.

Cunningham meneruskan awal indahnya dengan dua gol di dua partai fase grup Piala Champions (kini Liga Champions) melawan Levski Sofia dan FC Porto meski hanya membawakan satu kemenangan.

2. Steve McManaman

20 tahun setelah pembelian Laurie Cunningham, baru Real Madrid mendatangkan pemain Inggris lagi. Kali ini adalah Steve Macmanaman dari Liverpool dengan status free agent.

Gelandang sayap versatile tersebut adalah salah satu pesepakbola Inggris terbaik kala itu dan kedatangannya ke Santiago Bernabeu menarik banyak animo publik.

Layaknya Cunningham, MacManaman juga punya start apik bersama Real Madrid dengan dua gol san satu assist di tiga laga pertamanya dalam ajang Liga Spanyol sebelum mengumpulkan total 50 penampilan berhias empat gol dan lima assist sepanjang 1999/2000.