Liga 1

Dihujat Netizen, Egy Maulana Vikri Justru Disanjung Eks Pelatih Ajax

Jumat, 6 Oktober 2023 13:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, mengaku senang dengan kembalinya Egy Maulana Vikri ke tim. Pemain 23 tahun itu berpeluang diturunkan lawan PSS Sleman pada ipekan ke-15 Liga 1 2023/24, Jumat (06/10/23).

Egy sebelumnya tak bisa membela Dewa United karena dipanggil ke Timnas Indonesia U-24 di Asian Ganes 2022. Absennya eks Lechia Gdansk itu sempat membuat pusing Jan Olde lantaran kehilangan pemain kreatif.

Kini, Egy sudah bergabung sejak akhir pekan lalu. Tapi, Jan Olde mengatakan dia lagi-lagi harus rela kehilangan pemain nomor punggung 10 itu karena Egy dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Dia bahkan sudah dipanggil Timnas lagi buat Kualifikasi Piala Dunia. Tapi tentu saja, kami senang dia kembali,” ujar pelatih asal Belanda yang pernah menukangi tim junior Ajax tersebut. 

Hadirnya Egy diharapkan bisa membuat serangan Dewa United makin bervariasi saat jamu PSS Sleman malam nanti. Pasalnya, tim Tangsel Warrior tidak banyak menciptakan peluang dalam dua laga terakhir.

Jan Olde mengatakan, timnya tidak bisa hanya mengadalkan Majed Osman dan Alex Martins di lini depan, jadi hadirnya Egy jadi angin segar.

“Pekan lalu kami kurang kreativitas di sepertiga akhir permainan dan kami perlu itu sekarang. Dalam sepak bola penting buat ciptakan peluang sepertiga terakhir, butuh pemain jenius harus ciptakan peluang dan gol,” kata Jan Olde.

“Itu yang kami inginkan dari Egy dan dia baru gabung dan tentu saya senang,” tambah eks pelatih Ajax Junior itu.

Saat ditahan imbang 1-1 oleh 10 pemain Persebaya Surabaya pekan lalu, Jan Olde secara terang-terangan menyingung nama Egy Maulana Vikri. Winger asal Sumatera Utara itu disebut sebagai pemain kunci yang bisa membuka atau menciptakan peluang. 

"Salah satu yang bisa ciptakan peluang adalah Egy. Itu bisa dilihat dari statistik musin ini, karena ia berada di jajaran papan atas top assist," ucap Jan Olde. 

Egy termasuk dalam jajaran pemain yang menciptakan banyak assist pada musim ini. Eks FK Senica itu telah catatkan empat umpan kunci dan jadi terbanyak di kubu Dewa United atau tepat dua angka dari top assist sementara Liga 1 2023/24. 

Egy sudah tampil 12 laga bersama Dewa United di Liga 1 2023. Dia catatkan 2 gol dan 4 assist.

Untuk di level Timnas, jebolan SKO Ragunan itu merupakan andalan dari tim level usia hingga senior. Di tim senior, Egy telah mainkan 18 laga dengan torehan 6 gol. 

Namanya belakangan jadi sorotan karena dianggap kurang layak dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Pra Kualifikasi Piala Dunia vs Brunei Darussalam. Penyebabnya adalah Egy Maulana Vikri tampil buruk di Asian Games 2022.