In-depth

Tak Jadi Ikut Boyongan AC Milan, 3 Keuntungan Inter Milan Bertahan di Giuseppe Meazza

Jumat, 6 Oktober 2023 17:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Massimo Pinca
Setelah satu atap bersama AC Milan di Giuseppe Meazza, Inter Milan dilaporkan bakal jadi penghuni tunggal stadion bersejarah tersebut.
 (Foto: REUTERS/Massimo Pinca) Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Setelah satu atap bersama AC Milan di Giuseppe Meazza, Inter Milan dilaporkan bakal jadi penghuni tunggal stadion bersejarah tersebut. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Setelah satu atap bersama AC Milan di Giuseppe Meazza, Inter Milan dilaporkan bakal jadi penghuni tunggal stadion bersejarah tersebut.

Pada awalnya kedua klub asal kota mode tersebut setuju untuk merencanakan pembangunan kandang baru bernama Cathedral namun pada akhirnya memutuskan untuk memilih jalan masing-masing.

AC Milan kini sudah memiliki lahan di area San Donato yang jaraknya hanya sekitar setengah jam berkendara dari Giuseppe Meazza dengan harapan stadion anyar mereka sudah berdiri selambat-lambatnya pada 2009.

Dengan menggandeng Manica sebagai perancang, I Rossoneri akan menyediakan kapasitas 70.000 tempat duduk bagi para suporternya.

Inter Milan sendiri bukan berarti akan menetap di Giuseppe Meazza karena mereka bersama Populous, developer Cathedral, juga tetap punya rencana pindahan.

Hanya saja proyek I Nerazzurri menurut laporan La Republica bisa sedikit lebih lambat dari sang rival sekota sehingga ada kemungkinan tetap berada di rumah mereka saat ini untuk beberapa waktu.

Alasan kenapa AC Milan dan Inter Milan pindah adalah tidak adanya izin untuk melakukan renovasi pada stadion mereka saat ini yang juga dikenal sebagai San Siro.

Pembenahan semakin sulit direalisasikan karena selain dilarang oleh pemerintah kota Milan, dengan adanya dua host segalanya semakin sulit dikoordinasi.

Namun jika AC Milan angkat kaki lebih dulu, renovasi minor dapat dilangsungkan dan hal ini sudah mendapatkan lampu hijau dari walikota Giuseppe 'Beppe' Sala.

Sala termasuk yang menentang larangan renovasi Giuseppe Meazza hanya karena memiliki status peninggalan budaya.

Mengingat pada 2026 akan ada gelaran Olimpiade Musim Dingin juga final Liga Champions di sana, Sala berusaha untuk tetap mengusahakan renovasi terutama dengan kans hanya ada Inter Milan di sana dalam waktu dekat.

Bagi Inter Milan sendiri menjadi tuan satu-satunya Giuseppe Meazza akan mendatangkan banyak keuntungan bagi mereka. Apa sajakah itu?.