In-depth

4 Hal Hebat dari Jurgen Klopp Selama Mengabdi 8 Tahun di Liverpool

Minggu, 8 Oktober 2023 22:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Lee Smith
Jurgen Klopp sudah delapan tahun di Liverpool. Foto: REUTERS/Lee Smith. Copyright: © Reuters/Lee Smith
Jurgen Klopp sudah delapan tahun di Liverpool. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Tanggal 8 Oktober delapan tahun lalu, Jurgen Klopp untuk pertama kalinya datang ke klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Saat itu, Liverpool sedang dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Bukannya jelek, tentu saja tidak. Mereka ‘hanya’ belum beruntung dalam perburuan trofi dan gelar.

Di tangan Brendan Rodgers, Liverpool sempat larut dalam harapan palsu bisa menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 1990 silam.

Sejumlah manajer yang didatangkan sebelum Jurgen Klopp pun pada akhirnya harus mengakhiri karier di Liverpool dengan catatan biasa-biasa saja.

Namun saat era Jurgen Klopp-lah segalanya jadi berbeda. Liverpool berhasil meraih kembali kejayaan mereka yang sempat hilang.

Untuk memeringati delapan tahun Jurgen Klopp mengabdi, mari lihat hal-hal apa saja yang telah terjadi selama era pelatih asal Jerman ini di Liverpool.

Pemain-Pemain Hebat Merapat

Saat era Jurgen Klopp, Liverpool kedatangan sejumlah pemain hebat termasuk Mohamed Salah yang dulu melempem bersama Chelsea.

Selain itu, turut datang pula Sadio Mane yang kemudian menjadi anggota trio maut The Reds di line depan bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Jurgen Klopp juga merekrut Alisson Becker, Diogo Jota, Andy Robertson, Virgil van Dijk, Thiago Alcantara, Joel Matip, yang sampai saat ini masih bertahan di skuad.

Namun tentu saja, rekrutan-rekrutan Liverpool era Jurgen Klopp bukannya tanpa celah. Mereka sempat pula merekrut pemain seperti Marko Grujic dan Steven Caulker.

Tentu jangan lupakan pula kiper fenomenal yang cukup sering membuat ulah, Loris Karius. Ada juga pemain-pemain ‘antah-berantah’ seperti Kamil Grabara dan Fabian Mrozek.

Akan tetapi, secara keseluruhan, pemain-pemain hebat yang mendarat di Liverpool selama era Jurgen Klopp berhasil membawa The Reds ke level yang lebih tinggi.

Trofi-trofi pun berhasil diraih, bahkan menjadikan Jurgen Klopp dan Jordan Henderson pelatih dan kapten tim yang panen gelar.