Timnas Indonesia

Janji Manis Asnawi Mangkualam untuk Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Rabu, 11 Oktober 2023 19:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconfrence Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam yang dihadiri pelatih Shi  Tae-yong dan Kapten Asnawi Mangkualam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconfrence Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam yang dihadiri pelatih Shi Tae-yong dan Kapten Asnawi Mangkualam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menyatakan sudah siap melawan Brunei Darussalam pada laga pertama Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/10/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Asnawi Mangkualam tidak lupa mengingatkan rekan-rekannya agar tidak jumawa, meski secara peringkat FIFA, Indonesia lebih unggul dibanding Brunei. Skuad Garuda mesti bekerja keras guna mengamankan kemenangan, supaya jalan ke babak selanjutnya lebih mudah.

“Tentunya kita akan bermain dengan cara kita. Kita tak akan remehkan lawan, karena Brunei, masyarakat juga tahu kemampuan mereka,” buka Asnawi.

“Tim ini (Indonesia) sudah mempersiapkan diri dengan baik dan akan kerja keras dilaga besok, dan tentunya bisa menghibur masyarakat,” tambah bek kanan itu.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menang telak atas Brunei dengan skor 7-0 pada 26 Desember 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi, hal itu tidak bisa dijadikan acuan sebut Asnawi.

Brunei pasti berbenah dalam setahun terakhir. Jadi, Asnawi bertekad berikan penampilan terbaik. 

“Terpenting besok bisa menang ya, karena kita main kandang. Kami akan tetap kerja keras dan siap memberikan amtosfer yang bagus juga bagi masyarakat yang nonton di stadion. Kami siap memberikan yang terbaik,” tutur bek Jeonnam Dragons itu.

Kekompakan Timnas Indonesia dikatakan Asnawi sangat kuat. Itu memudahkan pemainkan beradaptasi baik di dalam maupun luar lapangan. 

Kehadiran pemain muda yang jadi debutan di Timnas seperti Arkhan Fikri hingga Hokky Caraka juga tidak jadi masalah. Hal itu justru membuat tim pelatih punya banyak pilihan dan membuat persaingan antar pemain makin sehat.

“Iya ada grup WA, tapi kan setiap pemanggilan pasti pemainnya berbeda, tapi di Timnas, ya seperit itu. Waktunya singkat buat adaptasi dan bentuk chemistry, tapi dengan banyak pemain baru dan pemain muda yang gabung, itu yang bisa membantu kita di latihan beradaptasi,” jelas Asnawi.

“Di tim ini banyak pemain lama, jadi tidak sulit buat adaptasi karena dengan adanya pemain lama, pemain muda bisa dibantu adaptasi dengan cepat,” tuntasnya.