Timnas Indonesia

2 Pemain Timnas Indonesia Absen Lawan Brunei, Shin Tae-yong Coret Rafael Struick

Rabu, 11 Oktober 2023 18:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconfrence Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam yang dihadiri pelatih Shi  Tae-yong dan Kapten Asnawi Mangkualam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconfrence Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam yang dihadiri pelatih Shi Tae-yong dan Kapten Asnawi Mangkualam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan ada dua pemain yang absen atau tidak akan dimainkan pada laga pertama Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam, Kamis (12/10/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dua pemain yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan dan Rafael Struick. Keduanya masih dalam tahap pemulihan cedera, sehingga tidak dipaksakan bermain.

Bahkan, Shin Tae-yong menyampaikan jika Rafael dicoret dari daftar 23 pemain untuk FIFA match day. Dia sengaja diistirahatkan, supaya bisa fit pada agenda timnas berikutnya.

“Memang pastinya starting besok Marselino dan Rafael tidak akan masuk. -Apalagi rafael akan keluar dari daftar 23 pemain, memang sebelum ke timnas, sudah cedera dan sekarang sudah hampir puluh dari cedera,” kata Shin Tae-yong.

“Saya tak akan paksa karena target kita akan mulai November, jadi saya tak akan memaksa pemain agar tidak cedera,” imbuhnya.

Meski demikian, Shin Tae-yong menjelaskan, punya alasan tetap menyertakan Marselino dan Rafael ikut gabung Timnas. Harapannya agar, dua pemain muda itu tetap memahami taktikal yang diinginkan.

“Walaupun begitu, saya sengaja panggil biar kita tahu bagaimana kita bermain. Agar mereka tahu, jadi saya sengaja panggil mereka,” tuturnya.

“Untuk Marselino dan Rafael, bisa saja saya mainkan mereka di laga away ke Brunei, tapi saya tidak mau ambil resiko,” imbuh Shin Tae-yong.

Untuk lawan Brunei, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain. Tujuh diantaranya adalah pemain yang berkarir di luar negeri.

Pelatih 60 tahun itu menilai Brunei bukan lawan yang mudah. Kendati peringkat lawan ada di bawah Indonesia atau 191 ranking FIFA, skuad Garuda wajib waspada dan berikan penampilan terbaik.

“Besok memang kita melawan Brunei, tapi lawan yang paling berat bagi kita yaitu lengah. Jadi, yang penting kami bekerja keras lawan Brunei, pasti kita bisa menunjukkan yang terbaik,” ucap Shin Tae-yong.