In-depth

Profil Xavi Simons, Playmaker Ganas Raja Top Skor Belanda yang Jadi Bidikan Chelsea

Rabu, 11 Oktober 2023 05:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Aksi Xavi Simons di laga Belanda vs Gibraltar (28/03/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw) Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Aksi Xavi Simons di laga Belanda vs Gibraltar (28/03/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea dilaporkan sedang membidik eks raja top skor Eredivisie Belanda, Xavi Simons di bursa transfer 2024.

Pemilik Chelsea yaitu Todd Boehly tampaknya bakal terus jor-joran pada bursa transfer untuk mendatangkan banyak pemain bintang pada 2024 mendatang, salah satunya Xavi Simons.

Xavi Simons merupakan pemain sepak bola profesional yang lahir di Amsterdam, Belanda pada 21 April 2003 silam (kini usia 20 tahun).

Sebelum menjadi pemain profesional, Xavi Simons merupakan pemain jebolan akademi Barcelona. Ia  didatangkan dari CD Thader saat masih berusia tujuh tahun dan menimba ilmu di akademi La Masia.

Pada 2018, Xavi Simons mendapatkan kesempatan spesial untuk naik level. Setelah delapan tahun membela tim muda, Xavi Simons dipercaya memperkuat Barcelona U-17.

Namun, Xavi Simons hanya bertahan setahun saja di Barcelona U-17 karena dibeli oleh PSG pada 23 Juli 2019 lalu saat usianya masih 16 tahun.

PSG pun terbilang beruntung mendapatkan Xavi Simons. Pasalnya, sebagai pemain muda, dirinya terbilang memiliki reputasi sensasional karena telah empat kali meraih penghargaan Youth Ballon d'Or.

Akan tetapi, ketatnya persaingan di skuat PSG yang bertabur bintang membuat Xavi Simons gagal menembus tim inti. 

Hingga akrhinya sang gelandang memutuskan kembali ke Belanda dan bergabung ke PSV Eindhoven dengan status bebas transfer pada bursa transfer 2022 lalu.

Di PSV Eindhoven, Xavi Simons justru malah menggila. Ia tercatat mencetak 22 gol dan 12 assist dalam 48 pertandingan di berbagai kompetisi.

Xavi Simons sendiri pernah menjadi pemuncak top skor Eredivisie Belanda 2022/23 saat dirinya masih memperkuat PSV Eindhoven dengan 19 gol.

Performa luar biasa tersebut membuat PSG secara mengejutkan membeli Xavi Simons di bursa transfer musim panas 2023 lalu dengan biaya Rp69,53 miliar.

Karena masih berumur 20 tahun, Xavi Simons belum mendapat jatah bermain di PSG. Namun demi membuatnya tetap berkualitas, manajemen memutuskan "menyekolahkan" sang pemain ke RB Leipzig.

Selama memperkuat RB Leipzig sampai detik ini, Simons berhasil mencetak 3 gol dan menyumbang 4 assist dari total 11 laga yang ia jalani di semua kompetisi.

Harga jual Xavi Simons kini sudah melonjak tajam. Berdasarkan data Transfermarkt, harga jual Xavi Simons mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp666 miliar.