In-depth

Menakar Akal Sehat Chelsea Gaet Xavi Simons, Cole Palmer Bakal Jadi Korban?

Selasa, 10 Oktober 2023 12:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Denis Balibouse
Menakar akal sehat klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang berencana menggaet Xavi Simons dari RB Leipzig. Copyright: © REUTERS/Denis Balibouse
Menakar akal sehat klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang berencana menggaet Xavi Simons dari RB Leipzig.

INDOSPORT.COM – Menakar akal sehat klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang berencana menggaet Xavi Simons dari RB Leipzig.

Kabar ketertarikan Chelsea terhadap pemain muda berpaspor Belanda ini seperti yang dikabarkan oleh media Spanyol, Fichajes, baru-baru ini.

Dalam laporan tersebut, klub berjuluk The Blues itu seiring penampilan apik Xavi Simons bersama PSV Eindhoven musim lalu dan bersama RB Leipzig musim ini.

Di musim 2022/2023 lalu, pemain yang terdaftar milik Paris Saint-Germain itu mampu mencetak 19 gol di kancah Liga Belanda bersama PSV.

Lalu di musim ini, Xavi Simons mampu mencetak 3 gol dan 4 assist dari 7 pertandingan di kancah Liga Jerman bersama RB Leipzig.

Terkesan dengan penampilan itu, Todd Boehly selaku pemilik Chelsea berencana menggaetnya ke Stamford Bridge pada bursa transfer mendatang.

Ketertarikan ini terbilang wajar. Pasalnya, pemain berusia 20 tahun itu punya catatan mentereng dalam setahun terakhir bersama PSV dan RB Leipzig.

Dikutip dari FBRef, Xavi Simons punya rataan 0,24 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dan 0,40 assist per 90 menit di PSV dan RB Leipzig.

Rataan assistnya itu berbanding lurus dengan kreativitasnya, dengan rataan 3,37 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah peluang per 90 menit.

Lalu, Xavi Simons punya kualitas individu apik seperti 4,01 dribel per 90 menit dengan kesuksesan melewati lawan sebanyak 2,01 kali per 90 menit.

Catatan-catatan tersebut membuat Chelsea dan Todd Boehly jatuh hati. Apalagi usianya yang masih muda yang bisa jadi investasi jangka panjang klub London Barat itu.

Tapi ketertarikan kepada Xavi Simons ini menimbulkan pertanyaan. Pasalnya Chelsea punya banyak pemain yang berposisi sama dengannya, salah satunya rekrutan baru, Cole Palmer.