In-depth

Bedah Kualitas Nathan Tjoe-A-On, Calon Bek Timnas Indonesia Ancaman Bagi Pratama Arhan

Jumat, 13 Oktober 2023 19:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram@nathantjoeaon
Nathan Tjoe-a-on, pemain baru Swansea City. (Foto: Instagram@nathantjoeaon) Copyright: © Instagram@nathantjoeaon
Nathan Tjoe-a-on, pemain baru Swansea City. (Foto: Instagram@nathantjoeaon)

INDOSPORT.COM - Profil Nathan Tjoe-A-On, calon bek naturalisasi Timnas Indonesia yang menjadi ancaman bagi Elkan Baggott bisa kaliak simak di artikel ini.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia bakal mendapatkan amunisi baru yaitu Nathan Tjoe-A-On. Ia menjadi salah satu pemain keturunan yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong.

Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda pada 22 Desember 2001 silam dan kini masih berusia 21 tahun. Bek berpostur 182cm tersebut memiliki darah Semarang, Jawa Tengah dari sang kakek.

Ia sempat mengungkapkan mencintai makanan Indonesia yaitu Rendang dan sebagai fans klub Liga 1 2023-2024, Persebaya Surabaya.

Nathan Tjoe-A-On sendiri merupakan salah satu pemain yang membela klub divisi kedua Liga Inggris 2023-2024, Swansea City, sejak bursa transfer musim panas 2023 lalu.

Nathan Tjoe-A-On dibeli oleh Swansea City dari kub Belanda, Excelsior dengan mahar 348 ribu euro atau setara dengan lebih kurang Rp5,2 miliar.

Saat masih di Excelsior, ia menjadi andalan di lini belakang dan menjadi salah satu pemain yang meninjol di Eredivisie 2022-2023 lalu.

Klub yang dibawanya promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda ini berhasil selamat dari degradasi. Excelsior mengakhiri musim 2022-2023 di posisi 15 atau setingkat di atas tim yang masuk playoff relegasi.

Nathan tampil dalam 29 pertandingan di Eredivisie, termasuk melawan Ajax Amsterdam, Feyenoord Rotterdam dan PSV Eindhoven.

Sang pemain sendiri juga membuka kans untuk berseragam Merah Putih di pentas internasional. Hal ini sudah diketahui pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Namun, Shin Tae-yong tak serampangan dalam memilih pemain. Ia sangat detail ketika merekomendasikan satu nama untuk diperjuangkan PSSI agar memiliki paspor Indonesia.

"Pemain tersebut memang tertarik untuk naturalisasi dan setuju untuk pindah kewarganegaraan, tapi saya tidak akan memutuskan sebelum melihat langsung permainannya seperti apa," kata Shin Tae-yong.

Nathan Tjoe punya keunggulan yang berpotensi dilirik Shin Tae-yong. Ia bisa menambah kuat pertahanan Indonesia setelah naturalisasi Elkan Baggott, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat.

Nathan Tjoe memiliki tinggi 182 sentimeter dan berposisi sebagai bek kiri dan juga tengah. Usia yang masih belia juga mengizinkannya untuk terlibat dalam proyek timnas Indonesia untuk waktu lebih lama.

Namun lagi-lagi Shin Tae-yong tak serampangan memilih pemain. Sangat mungkin bagi Shin Tae-yong untuk terbang ke Inggris guna menemui Nathan dan melihatnya beraksi bersama Swansea City.

Pada awal momen kedatangan di Swansea City, Nathan baru sempat sekali duduk di bangku cadangan. Dia belum bermain di Championship maupun Piala Liga.

"Setelah mengecek permainannya seperti apa, akan dibicarakan dengan pak Erick Thohir (ketua umum PSSI), kemudian diputuskan selanjutnya," jelas Shin Tae-yong.

Nathan harus berjuang keras agar bisa meyakinkan Shin Tae-yong untuk direkrut. Caranya adalah mendapatkan menit bermain di Swansea City yang memiliki pemain-pemain berkualitas.

Bila resmi dinaturalisasi dan berseragam Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On bakal mendapatkan saingan berat di sektor bek kiri.

Nathan Tjoe-A-On bakal bersaing ketat dengan Pratama Arhan yang selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Lantas bagaimana kualitas Nathan Tjoe-A-On?