In-depth

Tak Hanya Lukaku, 3 Pemain Kepercayaan Mourinho yang Digaet ke 3 Klub Berbeda

Jumat, 13 Oktober 2023 17:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Alberto Lingria
Jose Mourinho merupakan pelatih yang kerap bereuni dengan para pemainnya, seperti saat memboyong Romelu Lukaku ke klub Liga Italia (Serie A), AS Roma. Copyright: © REUTERS-Alberto Lingria
Jose Mourinho merupakan pelatih yang kerap bereuni dengan para pemainnya, seperti saat memboyong Romelu Lukaku ke klub Liga Italia (Serie A), AS Roma.

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho merupakan pelatih yang kerap bereuni dengan para pemainnya, seperti saat memboyong Romelu Lukaku ke klub Liga Italia (Serie A), AS Roma.

Penyerang asal Belgia itu tercatat telah diasuh Jose Mourinho di tiga klub berbeda, yakni Chelsea, Manchester United, dan kini di AS Roma.

Saat di Chelsea, Romelu Lukaku masih remaja dan jarang diandalkan Mourinho hingga ia didepak dengan status pinjaman dan dilepas secara permanen ke Everton.

Saat pelatih berjuluk The Special One itu bergabung Manchester United, Lukaku kemudian diboyong ke Old Trafford dengan harga yang terbilang fantastis.

Kini saat Mourinho menjadi pelatih AS Roma, lagi-lagi Lukaku diboyongnya. Hal ini menandakan bahwa ia adalah pemain kepercayaan The Special One.

Ternyata Lukaku bukanlah satu-satunya pemain kepercayaan Mourinho. Tercatat ada tiga pemain lainnya yang juga kerap dipercaya pelatih Portugal itu hingga dibawa ke 3 klub berbeda. Siapa saja?

1. Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho adalah pemain yang paling dipercayai Mourinho selama karier kepelatihannya. Total pemain asal Portugal itu telah tampil sebanyak 293 kali di bawah arahannya.

Banyaknya penampilan yang dimiliki Carvalho itu tak lepas dari kepercayaan Mourinho yang kerap memboyongnya kemanapun dia melatih.

Pertama kali Mourinho bertemu Carvalho di FC Porto. Kombinasi keduanya kemudian menghasilkan gelar Liga Champions pada tahun 2004.

Pada tahun yang sama, Mourinho dipinang Chelsea. Ia pun kemudian memboyong Carvalho, sehingga menjadi duet legendaris John Terry.

Tapi Mourinho tak membawanya ke Inter. Saat ia melatih Real Madrid pada 2010, Carvalho pun kemudian diboyong, meski banyak berkutat dengan cedera.