Liga 1

Bantahan Pelatih Persis Soal Rumor Striker Asing Baru Pengganti Fernando Rodriguez

Sabtu, 14 Oktober 2023 12:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23).

INDOSPORT.COM - Rumor adanya penyerang asing akan merapat ke Persis Solo terbantahkan. Fernando Rodriguez sudah kembali dari Spanyol dan siap untuk bertarung di Liga 1 Indonesia 2023/24.

Nando, sapaan akrabnya, sempat absen dalam dua laga bersama Persis Solo. Ia absen melawan Rans Nusantara FC dan Persija Jakarta karena mendampingi sang istri melahirkan di Spanyol.

Kepulangan Nando ke Spanyol turut menghadirkan rumor yang dibahas di kalangan suporter Persis. Ada yang menyebut perjalanan Nando bersama Laskar Sambernyawa sudah selesai.

Namun, rumor ini segera terbantahkan dengan kembalinya Fernando Rodriguez ke Kota Solo. Dia sudah ikut dalam sesi latihan rutin di Boyolali.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, berbicara profesionalisme Nando. Meski absen dalam dua laga, Nando datang ke latihan dalam kondisi fit 100 persen.

"Nando adalah pemain yang sangat profesional. Saya melihatnya dalam kondisi fisik yang sangat bagus, di momen yang bagus, karena dia juga berlatih secara mandiri," kata Leo Medina.

Nando bersama Persis Solo masih punya waktu sebelum melakoni laga pekan ke-16 Liga 1 2023/24 melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena, Minggu (22/10/23).

"Sekarang Nando kembali dengan motivasi dan latihan fisik yang sangat bagus. Dia siap untuk bermain lagi," tutur Leo Medina.

Leo Medina tak pernah meragukan cara Nando menjaga kondisinya. Mantan bomber Johor Darul Takzim II ini paham bagaimana mengimbangi skuat yang terus bekerja setiap waktu.

"Kami tahu dia adalah pemain yang memiliki banyak pengalaman. Dia punya profesionalisme itu untuk terus berkembang. Nando sudah siap untuk ada dalam skuat," jelas Leo Medina.

Kembalinya Fernando Rodriguez membuat Persis Solo bisa tampil lebih menyerang melawan Persita Tangerang. Mereka juga sudah diperkuat Ramadhan Sananta.

Bomber asal Kepulauan Riau ini tampil bagus bersama timnas Indonesia. Sananta mencetak dua gol untuk membawa Indonesia menang atas Brunei Darussalam 6-0, Kamis (12/10/23).

Sananta kemungkinan akan bergabung dengan tim pada Kamis (19/10/23). Dia punya satu hingga dua sesi latihan sebelum bertarung melawan Persita Tangerang.

"Sungguh bagus untuk kami ketika skuatnya lengkap. Kondisi tim sangat baik," tutur pelatih berkebangsaan Meksiko tersebut.

Pekan ini, Persis Solo mulai menggelar latihan rutin di Boyolali, karena lapangan yang ada di Solo sudah harus steril buat Piala Dunia U-17 2023.

Ada banyak lapangan bagus yang bisa digunakan Laskar Sambernyawa. Para pemain juga kembali berlatih dalam kondisi fit setelah diberi beberapa hari waktu untuk libur.

"Kami memiliki beberapa hari libur untuk memulihkan kondisi. Kami tampil sangat bagus karena empat pertandingan berturut-turut tanpa kalah. Tim ini semakin berkembang," ungkap Leo Medina.

Saat ini, Persis Solo masih ada di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 2023/24 dengan perolehan 19 poin, sementara Persita menduduki peringkat ke-15 (15 poin).