In-depth

Bedah Formasi Timnas Indonesia Bersama 5 Bintang Naturalisasi Anyar: Garuda Rasa Eropa

Senin, 16 Oktober 2023 09:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia diprediksi bakal punya kekuatan cukup menjanjikan usai hadirnya lima pemain keturunan Eropa yang akan dinaturalisasi. Lantas seperti apa formasi ideal skuat Garuda jika resmi kedatangan para pemain keturunan tersebut?

Timnas Indonesia sendiri punya agenda cukup padat sepanjang tahun 2023 hingga awal Januari 2024 mendatang.

Di mulai dari babak kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama menghadapi Brunei Darussalam, hingga tampil di penyisihan grup Piala Asia 2023 Qatar.

Khusus pada gelaran Piala Asia 2023 bulan Januari nanti, Timnas Indonesia berada di grup yang cukup sulit bersama Vietnam, Irak serta Jepang.

Berkaca pada kualitas skuat serta peringkat FIFA saat ini, Timnas Indonesia diprediksi masih bakal kesulitan mengimbangi lawan-lawan di Grup D Piala Asia 2023.

Oleh sebab itu, PSSI dikabarkan bakal menambah kekuatan Timnas Indonesia dengan naturalisasi beberapa bintang keturunan di Eropa.

Bahkan Erick Thohir selaku Ketum PSSI, mempersilahkan para pemain keturunan yang ingin memperkuat Timnas Indonesia untuk menghubunginya.

“Kalau mereka ingin (membela Timnas Indonesia) telepon saya. Nomor telepon saya ada kok,” ucap Erick.

Meski belum ada nama pasti siapa yang benar-benar bakal dinaturalisasi, namun sejauh ini ada lima pemain keturunan yang sedang jadi sorotan dan dikabarkan segera berseragam Timnas Indonesia.

Mereka adalah Emil Audero, Jay Idzes, Ryan Flamingo, Thom Haye serta Nathan Tjoe-A-On. Andai kelima bintang keturunan tersebut bergabung dengan timnas, maka kekuatan skuat Garuda sepertinya bakal bisa mengimbangi kekuatan dari Irak dan Jepang.

Dengan masuknya lima pemain Eropa diatas, lantas bakal seperti apakah formasi ideal yang bisa dipakai Timnas Indonesia? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas: