Liga 1

Menghilang dari Skuad Arema FC, Kemana Evan Dimas?

Senin, 16 Oktober 2023 17:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Evan Dimas sudah tak terlihat dalam latihan Arema FC yang dipimpin pelatih Fernando Valente. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Evan Dimas sudah tak terlihat dalam latihan Arema FC yang dipimpin pelatih Fernando Valente. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ada pertanyaan besar di balik kepulangan Arema FC untuk berlatih di Malang, selama jeda internasional FIFA Matchday sepanjang dua pekan ini.

Program latihan tim besutan Fernando Valente sudah tak lagi diikuti Evan Dimas. Gelandang berusia 28 tahun itu tak tampak lagi dalam program latihan tim.

Sebelumnya, Evan Dimas turut serta saat tim berjulukan Singo Edan melakoni dua laga home terakhir yang digelar Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Namun, dia sama sekali tak bermain saat Arema FC mengalahkan PSS Sleman 2-0 (30/09/23) dan ketika kalah 0-1 menjamu Borneo FC (06/10/23).

Dan sepulang dari Bali, eks kapten timnas U-19 itu tak lagi terlihat baik saat tim menggelar sesi latihan di Malang sampai training center di Kota Batu.

Lantas, kemana Evan Dimas? Pasalnya, dia juga tidak bersama para pemain seperti Julian Schwarzer atau Johan Ahmat Farizi yang berlatih terpisah untuk pemulihan cedera.

"Evan sedang dalam pemulihan (sakit). Pemulihannya di rumahnya Surabaya," bilang dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi kepada INDOSPORT Senin (16/10/23).

"Kondisinya drop sejak di Bali," sambung dokter bergelar Sp.KO atau Spesialis Keolahragaan itu tanpa menyebut penyakit secara spesifik dialami Evan.

Hal ini membuat pemain yang mengantar Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017 berada dalam situasi sulit untuk kembali terpilih dalam 11 starter piliham Arema FC.

Terlebih, Tim Singo Edan menjalani dua laga penting sampai paruh musim. Yaitu bertandang ke markas PSM Makassar (20/10/23) dan menjamu Madura United (28/10/23).

Potensi Dicoret

Situasi ini lantas semakin menguatkan bahwa posisi Evan Dimas sudah tak masuk lagi ke dalam proyeksi Fernando Valente sejak resmi menangani Arema FC.

Evan yang berstatus eks pilar andalan timnas Indonesia, nyatanya hanya terpilih satu kali tampil di atas lapangan dari 6 laga di Liga 1 yang dipimpin Valente.

Evan hanya tampil tak kurang dari 10 menit dalam laga yang dimenangkan Persebaya (23/09/23). Saat itu, dia menggantikan Arkhan Fikri pada menit 83'.

Secara total, Evan Dimas hanya tampil enam kali selama musim ini. Statistik yang berbanding terbalik dengan kontribusi 2 gol dalam 30 laga musim 2022/2023 lalu.

Kondisi ini lantas menguatkan asumsi, bahwa namanya berpotensi dicoret Arema FC pada bursa transfer paruh musim yang segera dibuka pada 1 November 2023. 

Dalam kesempatan terpisah, Fernando Valente memang tak menyebut detail siapa saja yang akan dicoret. Namun, dia mengisyaratkan perombakan pada tim asuhannya.

"Ditunggu saja, apa yang akan terjadi pada akhir bulan nanti. Karena saat ini, kami fokus pada 2 laga tersisa," ujar pelatih Arema FC asal Portugal itu.

"Kami juga masih menunggu evaluasi dari manajemen klub. Bagaimana langkah klub ini ke depan (soal bursa transfer)," kata Fernando Valente.