Liga 1

Yevhen Bokhahsvili Bisa Ikuti Jejak Mychell Chagas, PSS Sleman Linglung Lagi

Senin, 16 Oktober 2023 08:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Yevhen Bokhashvili jatuh saat berusaha merebut bola bek PSS, Lucas Gama pada laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Jumat (21/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Yevhen Bokhashvili jatuh saat berusaha merebut bola bek PSS, Lucas Gama pada laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Jumat (21/07/23).

INDOSPORT.COM - PSS Sleman tampak sudah cukup yakin untuk mendatangkan striker baru pada putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/24. Namun, Yevhen Bokhashvili membuat mereka bingung dengan tampil gacor dalam uji coba.

PSS Sleman melakukan uji coba saat Liga 1 memasuki jeda FIFA Matchday. Mereka memilih tim Liga 3, Persiba Bantul, sebagai lawan di Lapangan Pakembinangun, Sabtu (14/10/23).

Yevhen yang diisukan segera dicoret turut ditampilkan dalam laga kontra Persiba Bantul. Dia menyumbang satu gol dalam kemenangan telak 5-0.

Gol ini sontak mengingatkan publik Sleman kepada sosok Mychell Chagas. Musim lalu, Chagas moncer di uji coba, namun gagal mencetak gol dalam pertandingan Liga 1.

Chagas pada akhirnya mengakhiri karier di Liga 1 lebih cepat. Ia tampil dalam 12 pertandingan dan tak mencetak satu gol pun dalam laga resmi.

Nasib Chagas belakangan ikut menghantui penggantinya musim lalu, Yevhen Bokhashvili. Bomber asal Ukraina ini hanya memiliki dua laga tersisa di putaran pertama untuk membuktikan ketajamannya lagi.

PSS akan melakoni laga tanpa penonton melawan Persik Kediri pada Sabtu (21/10/23), serta Persib Bandung dalam laga tandang (28 Oktober).

Pelatih PSS Sleman, Bertrand Crasson, belum berbicara detail tentang rencana menuju putaran kedua, termasuk nasib Yevhen Bokhashvili. Eks bek Napoli ini hanya memastikan tak ada perubahan besar.

"Saya pastikan tak ada perubahan besar-besaran karena sebelumnya pondasi tim ini sudah bagus. Tinggal melanjutkan dengan beberapa penyesuaian," kata Bertrand Crasson.

Bertrand Crasson justru ingin memotivasi para pemain yang ada di timnya untuk bangkit lagi. Laga terdekat melawan Persik di Stadion Maguwoharjo wajib direalisasikan menjadi tiga poin.

"Langkah terdekat dari saya adalah untuk terus memotivasi semangat dan percaya diri pemain untuk pertandingan berikutnya," lanjut Bertrand Crasson.

Bertrand Crasson punya rencana baru yang coba dia kembangkan bersama PSS Sleman. Ia ingin seluruh personel skuat bersatu dengan semangat baru.

"Saya menginginkan semua komponen tim satu komitmen berjuang untuk PSS. Setelah itu, baru ada beberapa penyesuaian dari segi taktik, perubahan sistem permainan," tutur Bertrand Crasson.

Semangat Baru

Selain Yevhen Bokhashvili, winger asal Jepang, Kei Sano, juga turut menyumbang gol. Sementara tiga gol lain dicetak Irkham Milla, Todd Ferre dan Nurdiansyah.

Kemenangan besar ini tentu menjadi semangat baru bagi PSS yang sudah tak meraih kemenangan di Liga 1 dalam enam laga terakhir.

Gelandang PSS, Arlan Agma, mengatakan partai uji coba ini berjalan seru. Meski Persiba berstatus tim Liga 3, namun mereka juga tampil merepotkan.

"Persiba Bantul memberikan perlawanan cukup bagus. Mereka memberikan tekanan buat kita di pertandingan ini. Semoga ini menjadi bekal kita melanjutkan musim ini," tutur Arlan.

Ada pekerjaan rumah yang harus dibereskan PSS sebelum bersua Persik Kediri dan Persib Bandung. Salah satu hal paling penting adalah penyelesaian akhir.

"Menurut saya, hal yang perlu dievaluasi dari pertandingan ini adalah finishing kami di depan gawang. Seharusnya bisa lebih banyak mencetak gol dari peluang yang ada. Kami akan memperbaiki itu semua agar lebih baik lagi," ungkap Arlan Agma.

Jika PSS Sleman gagal meraih poin dan Yevhen tak mencetak gol, PSS Sleman segera memiliki penyerang asing baru di putaran kedua Liga 1 2023/24. Carlos Fortes menjadi sosok yang dibidik, meski kemungkinan besar tak dilepas PSIS Semarang.