Timnas Indonesia

Ditunggu Irak, Asisten STY Beri Pesan Keras ke Pemain Timnas Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2023 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia melaju ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah kalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0. Karenanya, para pemain dapat pesan penting untuk pertandingan selanjutnya.

Setelah menyingkirkan Brunei, Indonesia bergabung ke Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan bersaing dengan Irak, Vietnam dan Filipina.

Pada laga perdana Grup F, tim asuhan Shin Tae-yong akan away ke Irak pada 16 November mendatang. Dilanjutkan menantang tuan rumah, Filipina pada 21 November.

Menyoal hal tersebut, asisten pelatih Timnas, Nova Arianto berpesan ke para pemain agar tidak cepat puas. Lawan di babak selanjutnya tentu lebih tanggung dibanding Brunei.

“Kembali ke Indonesia dan segera lupakan hasil kemarin karena ujian sesungguhnya ada di depan. Karena sejatinya kita baru memulai naik di anak tangga pertama dan yang pastinya akan semakin berat ke depan,” kata Nova dalam keterangannya ke media. 

Tangan kanan Shin Tae-yong itu juga mengingatkan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan supaya menjaga performa di klubnya masing-masing. Pemain Timnas juga wajib menjaga sikap, baik di dalam maupun luar lapangan. 

“Pemain Timnas harus selalu ingat, harus menjadi teladan di klubnya masing-masing dan pemain Timnas harus bisa menjadi role model bagi pemain lainnya karena dengan begitu pemain lain akan ikut berkembang. Itu akan baik untuk perkembangan sepak bola Indonesia,” ujar Nova Arianto.

“Terus rendah hati dan ingat jangan pernah menjadi tinggi hati karena pemain Tim Nasional harus bekerja lebih keras lagi di klub untuk mengembangkan permainannya,” tambah eks Persib Bandung itu.

Nova Arianto tak lupa mengucapkan selamat ke semua pemain, staf dan pelatih. Dia mendoakan semuanya tetap dalam kondisi terbaik hingga pertemuan selanjutnya.