Liga 1

Marc Klok Bicara Hasil Timnas dan Persiapan Persib Bandung Lawan Borneo FC

Kamis, 19 Oktober 2023 18:17 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Marc Klok berhasil melewati pemain Persita pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 di Stadion GBLA, Minggu (01/10/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib, Marc Klok berhasil melewati pemain Persita pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 di Stadion GBLA, Minggu (01/10/23).

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok, sudah bergabung kembali dengan tim Persib Bandung pada sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (19/10/23).

Pada kesempatan tersebut, pemain yang menggunakan nomor punggung ini membeberkan pengalamannya di Timnas, kondisi kebugaran sampai kesiapannya untuk menghadapi Borneo FC, pada pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sebelumnya, Marc Klok harus absen dari kegiatan skuad Maung Bandung, lantaran harus memperkuat Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Brunei Darussalam pada dua leg. Pada pertandingan pertama yang tersaji di SUGBK, Kamis (12/10/23), hattrick Dimas Drajad bawa Skuat Garuda menang 6-0.

Pada laga perdana babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 dibuka dengan gol Dimas Drajad di menit ke-7. Tak berselang lama, Rizky Ridho menggandakan keunggulan Timnas Indonesia menjadi 2-0.

Pada babak kedua, Ramadhan Sananta yang baru masuk di babak kedua bisa menyumbangkan tambahan 2 gol untuk Timnas Indonesia. Tak hanya itu, Dimas Drajad mencatatkan hattrick usai mencetak gol kedua di menit ke-72 dan menit ke-90+2.

Kemudian pada laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang tersaji di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23), Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 6-0.

Walaupun bermain di kandang Brunei Darussalam, justru Timnas Indonesia mampu memimpin terlebih dahulu melalui gol Hokky Caraka di menit ke-5. Kemudian, menggandakan keunggulan melalui Egy Maulana Vikri di menit ke-42.

Hokky Caraka lantas mencetak brace selang 2 menit setelah gol Egy Maulana Vikri. Sehingga, Timnas Indonesia unggul 3 gol tanpa balas di babak pertama.

Timnas Indonesia kembali menambah keunggulan di babak kedua, skuad Garuda menambah keunggulan pada awal babak kedua melalui gol Witan Sulaeman dari titik penalti dan Rizky ridho di menit 63 serta Ramadhan Sananta menit 82.

Dengan demikian, Timnas Indonesia berhak melanjutkan langkahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia. Pada babak selanjutnya, skuad Garuda berada di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Menurut Marc Klok, hasil yang diraih Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia tersebut sangat bagus, namun dia tidak ingin cepat puas, lantaran level lawan yang bisa dikatakan berbeda dan perjalanan masih panjang.

"Kondisi saya sangat bagus. Senang tapi kalau kita lihat kualitas tim sangat jauh, sangat beda Indonesia dengan Brunei dan ini yang harusnya kita tidak puas dengan ini," ungkap Marc Klok.

"Menurut saya itu mungkin tidak biasa, tapi ini sudah tugas kita bekerja dengan baik dengan mencetak gol ke gawang lawan. Tidak ada yang buruk soal itu dan itu hanya soal perbedaan level yang besar. Maka kita harus lakukan itu," tegasnya.

Setelah kembali dari Timnas Indonesia, Marc Klok mengaku sudah fokus mempersiapkan diri untuk pertandingan Persib di kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Pertandingan terdekat Persib di kompetisi Liga 1 2023-2024, yakni menghadapi Borneo FC di Stadion Samarinda, Sabtu (21/10/23). Jelang laga tersebut, Marc Klok mengaku sudah siap untuk bertanding.

"Saya 100 persen siap, tapi itu tergantung pilihan pemain. Tapi saya pikir saya siap bermain, laga terakhir saya tidak main dengan Timnas, jadi saya siap untuk menghadapi Borneo," ujarnya.

Menurut Marc Klok, pada pertandingan tersebut dia bersama rekan-rekannya siap bekerja keras, agar target meraih kemenangan kemenangan bisa tercapai. Apalagi, skuad Maung Bandung ingin melanjutkan tren positif di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Selain itu, Marc Klok menyadari tidak mudah untuk mengamankan poin penuh di Samarinda, pasalnya Borneo FC saat ini berada di puncak klasemen, sehingga harus kerja keras.

"Saya siap meraih kemenangan di sana, tidak mudah karena kita tahu Borneo tidak mudah ditaklukan. Tapi kita ke sana tidak mau kalah," tegasnya.