Liga Italia

Paolo Maldini Maafkan Pemain Korea Selatan yang Tendang Kepalanya di Piala Dunia 2002

Sabtu, 21 Oktober 2023 11:24 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
© Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images
Legenda AC Milan, Paolo Maldini, akhirnya memaafkan pemain Korea Selatan yang pernah menendang kepalanya di Piala Dunia 2002. Copyright: © Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images
Legenda AC Milan, Paolo Maldini, akhirnya memaafkan pemain Korea Selatan yang pernah menendang kepalanya di Piala Dunia 2002.

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Italia, Paolo Maldini, akhirnya memaafkan pemain Korea Selatan yang pernah menendang kepalanya di Piala Dunia 2002.

Timnas Italia pernah menghadapi Korea Selatan di babak 16 besar kompetisi paling kontroversial, Piala Dunia 2002, silam. Salah satu hal memalukan yang terjadi adalah ulah pemain Korea Selatan, Lee Chun-Soo.

Chun-Soo masuk di menit 68' menggantikan Kim Nam-Il. Beberapa saat setelah masuk, ia menendang kepala Paolo Maldini yang memang tengah berduel dengannya di zona pertahanan Italia.

Meski terlihat jelas menendang dengan sengaja, tapi Chun-Soo tidak mendapat kartu dari wasit yang tengah memimpin, Byron Moreno. Italia pun kalah 1-2 dan tersingkir dari Piala Dunia 2002.

Setelah 21 tahun berlalu, akhirnya Maldini dan Chun-Soo kembali bereuni dalam sebuah acara dari channel Youtube EA Sports FC 온라인.

Dalam acara tersebut, Maldini memang sengaja dipertemukan dengan Chun-Soo untuk membicarakan apa yang telah terjadi di Piala Dunia 2002.

Ternyata, Chun-Soo mengatakan bahwa ia gugup sampai berkeringat ketika bertemu Maldini. Ia pun menyesal dan merasa malu.

"Saya tidak tahu kalau Anda akan menanyakan hal itu. Saya minta maaf, tapi saya juga sedikit malu. Saya berkeringat. Itu memang hal yang saya lakukan," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kala itu, Chun-Soo sebenarnya ingin meminta maaf langsung, tapi ia tidak bisa berbahasa Italia.

Setelah itu, Maldini pun menyalaminya sebagai simbol bahwa dirinya tidak menyimpan dendam sedikit pun terhadap aksi tidak sportif Lee Chun-Soo.