In-depth

Apa Kabar Okto Maniani? Predator Ganas Timnas Indonesia Kini Jadi Caleg di Papua

Minggu, 22 Oktober 2023 11:12 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© alchetron.com
Oktovianus Maniani saat masih berseragam Timnas Indonesia. Copyright: © alchetron.com
Oktovianus Maniani saat masih berseragam Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Okto Maniani? Salah satu predator andalan Timnas Indonesia, dan kini memutuskan terjun ke dunia politik sebagai calon legislatif (caleg) di Papua.

Siapa yang tak kenal dengan Oktovianus Maniani, salah satu talenta sepak bola Papua terbaik pada era 2000an. Okto Maniani lahir di Jayapura, pada 27 Oktober 1990 lalu.

Di kancah nasional, ada belasan klub yang pernah ia cicipi. Mulai dari Tanah Sumatera, Okto sempat bermain untuk PSMS Medan. Tetapi ia bersinar saat main di Sriwijaya FC.

Di Pulau Jawa, Okto pernah menjadi bagian dari Persitara Jakarta Utara, Persiba Bantul, Arema, Madura United, hingga Perserang Serang.

Beranjak ke Pulau Kalimantan, Okto Maniani pernah berseragam Barito Putera hingga Persiba Balikpapan.

Sementara di Papua, tanah kelahirannya, Okto Maniani pernah menjadi juru gedor andalan Persiram Raja Ampat, Perseru Serui, Persewar Waropen, dan terakhir di PSBS Biak.

Salah satu pencapaian terbaik Okto Maniani di level klub adalah membawa Sriwijaya FC menjuarai Indonesian Inter Island Cup 2010 dan Indonesian Community Shield 2010.

Sementara di level yang lebih tinggi, Okto Maniani pernah membawa Timnas Indonesia meraih titel runner up Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011, serta Islamic Solidarity Games 2013.

Selain prestasinya yang mumpuni, salah satu hal yang identik dengan Okto Maniani adalah gaya bermainnya yang keras. Ia pernah dapat sanksi larangan bermain 6 bulan oleh PSSI.

Hal ini yang membuat Okto Maniani mulai dipandang sebelah mata, sampai akhirnya ia memutuskan gantung sepatu per tahun 2023.

Okto Maniani Jadi Caleg di Papua


Oktovianus Maniani yang pernah bersinar bersama Timnas Indonesia, khususnya di Piala AFF 2010 dan SEA Games 2010, saat ini resmi memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

Tak seperti rekan-rekan lainnya yang terjun sebagai pelatih paska gantung sepatu, Okto Maniani justru banting setir ke dunia politik dan maju dalam pemilihan calon legislatif.

Berdasarkan potret yang diunggah oleh akun Instagram Reza Kaitam, Okto Maniani diusung oleh parta Golongan Karya dalam pemilihan Caleg DPR Papua Dapil 6 Yapen Waropen.

Hal itu juga dibenarkan langsung oleh Okto Maniani beberapa waktu lalu. Ia mantap terjun ke dunia politik dan menjadi calon legislatif.

"Benar, saya akan maju sebagai calon anggota DPR dari partai Golkar," blak-blakan Okto Maniani, dilansir dari kanal Z Creators.

"Saya diusung oleh partai Golkar untuk maju di Dapil 6 Provinsi Papua, yang meliputi Kabupaten Serui dan Kabupaten Waropen," tambah sosok yang akan berusia 33 tahun itu.

Selain Okto Maniani, Indonesia sebenarnya juga punya beberapa figur sepak bola yang sempat terjun ke dunia politik.

Misalnya Rahmad Darmawan yang sempat diperkenalkan oleh Partai Demokrat pada tahun 2020 lalu. Bahkan, pelatih Barito Putera itu sempat dihadang-gadang akan jadi calon bupati.

Kemudian, ada rekan seperjuangan Okto di Timnas Indonesia era 2010, Markus Horison yang sempat digandeng Partai Perindo.

Lalu, Budi Sudarsono juga sempat diusung Partai PPP sebagai caleg DPRD Kabupaten Kediri, dan jauh sebelumnya, Jack Komboy digandeng Hanura jadi caleg DPRD Papua.