Liga 1

Pieter Huistra Sesalkan Gol Bunuh Diri yang Buat Borneo FC Gagal Menang dari Persib Bandung

Minggu, 22 Oktober 2023 17:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra. Copyright: © Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra.

INDOSPORT.COM - Borneo FC gagal mengamankan tiga poin saat menjamu Persib Bandung pada pekan ke-16 Liga 1 2023/2024, Sabtu (21/10/23) di Stadion Segiri, Samarinda. Kedua hanya bermain imbang 1-1.

Borneo FC sejatinya unggul terlebih dahulu pada menit ke-15 lewat gol Leo Guntara. Skor itu bertahan hingga akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Persib tingkatkan tempo serangan dengan masukan sejumlah pemain. Usaha itu pun berbuah hasil, setelah umpan Ezra Walian gagal diantisipasi lini pertahanan Borneo FC dan berujung gol bunuh diri Agung Prasetyo (‘87).

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra mengakui laga berjalan sengit. Mereka kuasai dan kontrol babak pertama, tapi tidak demikian dengan babak kedua. 

“Persib Bandung adalah salah satu tim terbaik. Kami mengontrol keseluruhan pertandingan, membuat kombinasi bagus, mencoba membuat peluang dan menciptakan gol. Tapi kemudian tak sengaja mencetak gol (bunuh diri),” ujarnya.

Juru taktik asal Belanda itu mengatakan taktik yang diterapkan di babak kedua tidak berjalan lancar. Borneo FC mencoba pertahankan keunggulan dengan mainkan lima bek, tapi malah berujung gol bunuh diri.

Pieter Huistra menyatakan tidak senang dengan penampilan Stefano Lilipaly dan kawan-kawan di babak kedua. 

“Gol kedua (bunuh diri) tentu saja hal yang berbeda, saya tak tahu sebenarnya apa yang terjadi dan akan mencari tahu tentang hal ini. Karena awalnya kami hanya berusaha untuk bertahan dan itu berakhir buruk. Di babak kedua saya tak begitu senang,” tuturnya. 

Dengan hasil imbang yang didapat semalam, Pieter Huistra akan melakukan evaluasi. Dia berharap anak asuhnya tidak mengulang kesalahan yang sama pada pekan depan. 

“Sedikit tak beruntung karena mencetak gol bunuh diri. Kami kehilangan dua poin tetapi ini menjadikan ini sebagai pelajaran untuk percaya diri seperti cara bermain kami di babak pertama dan melakukan hal yang sama seperti itu dalam 90 menit,” tuntasnya. 

Meski hanya bermain imbang, Borneo FC kini masih memimpin klasemen sementara Liga 1 2023. Tim milik Nabil Huesin itu koleksi 32 poin dari 16 pertandingan.

Borneo FC masih unggul dua poin atas Madura United yang berada diperingkat kedua. Madura United baru bertanding hari ini dan kalah 1-3 dari Dewa United. 

Sementara itu, Persib Bandung menempati peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2023. Maung Bandung kumpulkan 28 poin dari 16 laga.