Liga 1

Minim Kontribusi, 3 Pemain Asean Ini Layak Dibuang di Putaran Kedua Liga 1

Kamis, 19 Oktober 2023 17:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© MO PSS Sleman
Pemain PSS Sleman, Jonathan Bustos berusaha menghindar jauh dari kejaran pemain Persikabo, Kainoa Bailey pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Selasa (08/08/23). (Foto: MO PSS Sleman) Copyright: © MO PSS Sleman
Pemain PSS Sleman, Jonathan Bustos berusaha menghindar jauh dari kejaran pemain Persikabo, Kainoa Bailey pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Selasa (08/08/23). (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023/2024 sebentar lagi dibuka. Rumor pemain yang bakal direkrut ataupun didepak dari 18 klub peserta Liga 1 pun mulai menyeruak.

Salah satu hal yang menarik dibahas adalah kontribusi pemain asing, khususnya yang mengisi slot Asia Tenggara. Sebab, ada pemain yang jadi langganan timnas negaranya, tapi tidak berkontribusi di klub.

Minimnya kontribusi itu tentu disebabkan beberapa alasan, seperti ketatnya persaingan antarpemain, cedera, selera pelatih dan lainnya.

Berdasarkan catatan Transfermarkt dan Soccerway, INDOSPORT mengulik beberapa pemain layak dilepas klub pada bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023/24. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

Kike Linares

Dengan statusnya yang merupakan pemain timnas Filipina, rasanya cukup mengagetkan melihat Kike tidak pernah dimainkan PSM Makassar hingga pekan ke-15 Liga 1 2023/24.

Bek tengah itu tujuh kali masuk line up PSM, tapi tak kunjung dimainkan. Padahal, Kike berada dalam kondisi fit atau tidak cedera. 

“Bagi saya untuk pemain-pemain yang dipilih itu tergantung dari performa mereka di latihan baru mereka layak mendapatkan tempat," kata Bernardo Tavares saat disinggung situasi Kike Linares.

Sejatinya, Kike Linares baru dua kali membela PSM Makassar, yakni saat laga play-off Liga Champions Asia melawan Bali United.

Bek tengah ini sudah hampir pasti akan didepak PSM pada putaran kedua Liga 1 2023. Sebab, klub telah resmikan satu pemain Asean yakni Joao Pedro yang sudah debut di Piala AFC 2023. 

Kainoa Bailey

Gelandang sayap Persikabo 1973 ini juga nampaknya bakal dibuang pelatih Aji Santoso. Sebab, Bailey minim kontribusi hingga pekan ke-15 Liga 1 2023.

Pemain Filipina ini baru catatkan dua penampilan dengan torehan 109 menit. Bailey sembilan kali masuk line up dan sejatinya dalam kondisi fit atau tanpa cedera, tapi sudah tak lagi masuk skuad Persikabo sejak Agustus lalu.

Statistik itu mengecewakan, mengingat pemain 28 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi klub besar Jerman, Bayer Leverkusen pada 2014 lalu, bahkan masuk tim cadangan (Bayer Leverkusen II). 

Rumor yang beredar menyatakan Bailey akan didepak dan digantikan pemain Asean lain asal Myanmar yakni Myat Kaung Khant.

Kenshiro Daniels

Penyerang RANS Nusantara FC ini juga berpotensi dilepas karena tak kunjung menunjukan kelasnya sebagai striker asing. Kenshiro baru tampil lima laga dengan catatan satu gol.

Dari 15 laga yang dimainkan RANS di Liga 1 2024, pemain Filipina itu hanya lima kali masuk line up. Hal itu disebabkan cedera panjang yang membuatnya absen lama sejak awal musim.

Riwayat cedera tentu membuat pelatih RANS ketat-ketir, sebab dia butuh pemain fit dan tajam untuk bersaing di papan atas.