In-depth

Profil Sir Bobby Charlton, Legendanya Legenda Manchester United yang Akhirnya Berpulang

Minggu, 22 Oktober 2023 06:16 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Manchester United
Sabtu 21 Oktober 2023 akan menjadi hari yang dikenang kelam oleh Manchester United. Salah satu legenda terbesar mereka, Sir Bobby Charlton, meninggal dunia. Copyright: © Manchester United
Sabtu 21 Oktober 2023 akan menjadi hari yang dikenang kelam oleh Manchester United. Salah satu legenda terbesar mereka, Sir Bobby Charlton, meninggal dunia.

INDOSPORT.COM - Sabtu 21 Oktober 2023 akan menjadi hari yang dikenang kelam oleh Manchester United. Salah satu legenda terbesar mereka, Sir Bobby Charlton, meninggal dunia.

Mantan penyerang asal Inggris dengan raihan tujuh trofi termasuk tiga Liga Inggris tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di usia 86 tahun dengan penyebab yang masih belum dikemukakan pada publik.

Tapi satu yang jelas, sosok Sir Bobby adalah salah satu sosok pemain paling vital dalam sejarah Manchester United. Ia begitu banyak terlibat dalam momen emas The Red Devils dan juga mengukir segunung rekor selama kariernya di Old Trafford.

Lahir di Ashington, Inggris, pada 11 Oktober 1937 pria yang lahir dengan nama asli Robert Charlton tersebut seolah ditakdirkan untuk menjadi manifestasi Manchester United yang sebenarnya.

Ia merupakan pemain lokal didikan akademi Setan Merah sendiri pada 1956/1957 saat usianya masih 18 tahun.

Bakatnya mencuri perhatian pelatih kala itu, Sir Matt Busby, yang kemudian memainkan Sir Bobby muda di 17 laga lintas ajang berbuah 12 gol.

Semenjak itu peran semakin penting dari hari ke hari. Hal itu semakin terlihat saat tragedi Munich terjadi di Februari 1958.

Kecelakaan pesawat tersebut menewaskan sejumlah pemain bintang Manchester United termasuk Duncan Edwards dan Tommy Taylor. Bahkan Busby sempat harus masuk rumah sakit untuk waktu lama dan posisinya digantikan oleh asisten bernama Jimmy Murphy.

Sir Bobby cukup beruntung karena bisa selamat meski tidak lolos juga dari cedera. Ia menjadi salah satu pemain yang pulih fisik dan mentalnya paling awal dan membantu Manchester United bangkit.

Padahal umurnya baru 20 tahun. Tidak ada yang menyangka jika pemain yang kala itu masih ingusan justru bisa memanggul kesebelasan sebesar Manchester United melewati periode terberat mereka.