Liga Inggris

Tuah Sir Jim Ratcliffe, Man United Dapat Ketiban Cuan dari Sosok Tak Terduga

Minggu, 22 Oktober 2023 23:01 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Eric Gaillard
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ketiban durian runtuh usai bintang golf, Rory McIlroy, tertarik berinvestasi di Setan Merah. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard) Copyright: © REUTERS/Eric Gaillard
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ketiban durian runtuh usai bintang golf, Rory McIlroy, tertarik berinvestasi di Setan Merah. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ketiban durian runtuh usai bintang golf, Rory McIlroy, tertarik berinvestasi di Setan Merah.

Saga akuisisi Manchester United memasuki babak akhir. Kini, tinggal tersisa satu calon pembeli setelah Sheikh Jassim memutuskan mundur dari perlombaan.

Orang itu adalah Sir Jim Ratcliffe. Salah satu orang terkaya di Inggris tersebut selangkah lagi menjadi pemilik anyar Man United setelah berencana membeli 25 persen saham Setan Merah.

Keberhasilan Sir Jim Ratcliffe rupanya mendatangkan rezeki tersendiri untuk Man United. Kehadiran pemilik INEOS di jajaran petinggi Setan Merah menarik minat orang Britania Raya lain untuk berinvestasi.

Terbaru, pegolf kondang asal Irlandia, Rory McIlroy, dikabarkan tertarik berinvestasi di Man United. Dilansir dari Manchester Evening News, 4 kali juara turnamen golf mayor tersebut berencana menyusul Sir Jim Ratcliffe.

"Kepemilikan tim olahraga dulunya terbatas pada pihak swasta dan orang-orang yang punya banyak uang. Namun, kini para atlet olahraga menjadi lebih cerdas dan menggunakan uang mereka dengan cara yang benar (untuk investasi)," ujar Rory McIlroy.

"Saya ingin sekali bisa memiliki sebagian kecil dari klub yang saya dukung saat kecil. Saya ingin sekali mengambil 0,00001 persen saham Man United ketika Jim Ratcliffe mengambil 25 persen."

"Dan jika ada kesempatan lain yang datang kepada saya, saya akan mempertimbangkannya. Tapi itu bukanlah sesuatu yang saya siapkan untuk saat ini," tuturnya.

Meski nilai investasi Rory McIlroy tak sebesar Sir Jim Ratcliffe, namun tak bisa dimungkiri, keterlibatan megabintang golf tersebut dalam pendanaan klub menjadi sumbangan berarti bagi Setan Merah. 

Lantas, kapan Man United akan mengumumkan "pemenang" dari proses akuisisi Setan Merah yang sudah berlangsung sejak Oktober tahun lalu tersebut?