In-depth

Manchester United dan Kisah 5 Pemain Gelut dengan Pelatih, Sudah Jadi Tradisi?

Senin, 23 Oktober 2023 15:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Phil Noble
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, seakan punya tradisi rutin yakni pertikaian antara pemain dan pelatih. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, seakan punya tradisi rutin yakni pertikaian antara pemain dan pelatih.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, seakan punya tradisi rutin yakni pertikaian antara pemain dan pelatih.

Pertikaian ini kerap muncul di Manchester United sejak lama, di mana yang terbaru adalah antara Jadon Sancho dan Erik ten Hag.

Pertikaian Jadon Sancho dan Erik ten Hag melebar hingga menjadi santapan media dan pecinta sepak bola lainnya dalam beberapa bulan ke belakang.

Bahkan pertikaian ini berujung pada diasingkannya pemain berusia 23 tahun itu hingga adanya potensi dijual pada Januari 2024 mendatang.

Kini pertikaian itu memang mereda. Tapi tetap saja pertikaian tersebut memberi efek samping terhadap berbagai hal.

Salah satunya adalah citra Manchester United. Pasalnya, pertikaian ini menambah panjang kisah-kisah pertikaian lainnya sepanjang sejarah klub. Berikut 5 kisah pertikaian pemain dan pelatihnya.

1. David Beckham vs Sir Alex Ferguson

David Beckham merupakan salah satu pemain terbaik yang lahir di akademi Manchester United. Sebagai jebolan akademi, diharapkan dirinya bisa terus membela Setan Merah.

Tapi semua berubah pada 2003. Sir Alex Ferguson mengklaim Beckham sebagai pribadi yang tak lagi fokus terhadap sepak bola, sehingga pertikaian tak terelakkan.

Ada kabar bahwa Sir Alex menendang sepatu ke arah Beckham dan mengenai matanya. Pertikaian ini pun berujung pada perginya sang megabintang ke Real Madrid pada awal musim 2003/2004.

2. Paul Pogba vs Jose Mourinho

Pertikaian pemain dan pelatih di Man United berlanjut saat Paul Pogba bertikai dengan Jose Mourinho saat keduanya bekerjasama pada periode 2016-2018.

Pada suatu ketika, Pogba pernah mengkritisi taktik Mourinho di media. Kritikan itu membuat The Special One naik pitam dan hubungan keduanya merenggang.

Alhasil pertikaian berujung pada keinginan Pogba angkat kaki, sebelum akhirnya Mourinho ternyata yang pergi terlebih dulu karena dipecat oleh Man United.