In-depth

Marc Guiu: Permata Jebolan La Masia yang Buat Barcelona dan Xavi Terkesima

Senin, 23 Oktober 2023 13:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Albert Gea
Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dan Xavi Hernandez tengah dibuat terkesima oleh permata barunya, Marc Guiu. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dan Xavi Hernandez tengah dibuat terkesima oleh permata barunya, Marc Guiu.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dan Xavi Hernandez tengah dibuat terkesima oleh permata barunya, Marc Guiu.

Pemain jebolan La Masia ini mampu menjadi pahlawan kemenangan Barcelona kala menjamu Athletic Bilbao, Senin (23/10/23) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Marc Guiu dimasukkan Xavi Hernandez di menit ke-79. Hanya dalam waktu 33 detik saja, pemain berusia 17 tahun itu berhasil mencetak gol.

Gol tersebut membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak gol di laga debutnya bagi raksasa Catalan tersebut di abad ke-21 ini.

“Saya tak percaya, saya menikmati momen ini. Saya telah bekerja selama ini untuk kesempatan ini dan itu sempurna,” ucap Guiu pasca pertandingan.

Sumbangannya itu membuat Guiu menjadi perbincangan dan buah bibir seiring keberhasilan Barcelona memanen bakat mudanya lagi dari La Masia.

Profil Marc Guiu

Marc Guiu merupakan striker muda milik Barcelona yang lahir di Sant Celoni pada 4 Januari 2006. Kiprahnya sendiri bermula di Sant Celoni Barca yang merupakan klub dari fans Blaugrana.

Berawal dari klub sepak bola bikinan fans Barcelona itu, Guiu kemudian melanjutkan kiprahnya ke La Masia terhitung sejak 2013 atau saat usianya tujuh tahun.

Butuh waktu 10 tahun lamanya bagi Guiu berhasil menembus tim utama Barcelona, kala dirinya dibawa Xavi Hernandez dalam tur pramusim.

Dalam tur pramusim Barcelona melawan Vissel Kobe itu, Guiu melakoni debut tak resmi dengan menggantikan Robert Lewandowski.

Karena sudah mulai masuk tim utama sejak pramusim, Guiu baru mendapat kesempatan debutnya kala melawan Bilbao, di mana ia berhasil mencetak gol di laga debutnya itu.

Lalu bagaimana dengan penampilan Marc Guiu tersebut, sehingga Xavi Hernandez berani memberikannya debut sehingga menjadi pahlawan Barcelona?