In-depth

8 Bintang Naturalisasi yang Bantu Vietnam Tembus 100 Besar FIFA: Dari Eropa hingga Brasil

Kamis, 26 Oktober 2023 18:09 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam

INDOSPORT.COM – Serupa dengan Indonesia, skuat Timnas Vietnam pun ternyata sempat dan masih diperkuat banyak pemain naturalisasi dan keturunan yang jadi tumpuan.

Sejak resmi terbentuk tahun 1991 silam, Timnas Vietnam perlahan sukses menjelma sebagai salah satu kuda hitam bahkan raksasa baru di kawasan ASEAN.

Sebagai informasi, sepanjang abad 19 lalu timnas Vietnam terpecah menjadi dua yakni Vietnam Selatan dan Vietnam Utara.

Barulah pada tahun 1991, kedua kesebelasan tersebut bersatu dan jadi Timnas Vietnam utuh seiring dengan berakhirnya perang saudara di negeri itu.

Setelah Vietnam bersatu, Lien doan Bong da Viet Nam atau federasi sepak bola Vietnam mulai gencar melakukan gebrakan untuk meningkatkan kualitas skuat timnasnya.

Secara perlahan, Vietnam yang awalnya berada di peringkat 135 FIFA berhasil merangsek naik dan kini mampu bertengger di urutan 95.

Prestasi Timnas Vietnam pun terbilang cukup apik. Selain dua gelar Piala AFF yang di tahun 2008 dan 2018, skuat The Golden Star juga pernah lolos perempat final Piala Asia 2007 dan 2019.

Dikenal punya pemain lokal berkualitas, ternyata dalam sejarahnya Timnas Vietnam pernah menggunakan jasa bintang naturalisasi.

Bahkan beberapa diantara pemain keturunan tersebut masih jadi tumpuan Philippe Troussier (pelatih Vietnam) sampai saat ini.

Tak tanggung-tanggung, tercatat ada delapan pemain berdarah campuran dan naturalisasi yang sempat hiasi skuat Timnas Vietnam. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas: