Liga 1

Jadi Opsi Kedua, Greg Nwokolo Terus Berjuang Rebut Tempat Utama di Arema FC

Kamis, 26 Oktober 2023 20:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Greg Nwokolo sedang berjuang untuk mendapat tempat utama di Arema FC. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT) Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Greg Nwokolo sedang berjuang untuk mendapat tempat utama di Arema FC. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Kehadiran Greg Nwokolo sempat memunculkan optimisme baru di tengah misi Arema FC untuk mencapai target perbaikan posisi di Liga 1 2023/2024.

Namun, nyatanya kepulangan Greg Nwokolo ke tim yang dibelanya pada 2013 silam itu belum berjalan sesuai ekspektasi. Dia masih kesulitan mendapat posisi starter.

Winger naturalisasi kelahiran Nigeria itu bahkan tercatat hanya 6 kali tampil di lapangan. Semuanya dicapainya sebagai opsi kedua alias dari bangku cadangan.

Bagi Greg, situasi yang menimpanya sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Lantaran dia tahu, Arema FC butuh pemain dengan fisik prima di lapangan hijau.

"Kalau saya hanya duduk di bangku cadangan, tidak masalah. Saya terus dukung pemain-pemain muda," tutur Greg usai sesi latihan di Malang beberapa waktu lalu.

"Saya dalam kondisi bagus saat ini, setelah 100 persen tampil melawan RANS FC dan membuat assist (dalam hasil imbang 2-2) lawan Persija," sambung dia.

Greg Nwokolo pun akan terus berjuang merebut satu tempat utama setelah tampuk kepelatihan berganti dari duet Joko Susilo dan I Putu Gede kepada Fernando Valente.

Saat ini, kondisinya sudah jauh lebih fit ketimbang pertama kali datang ke Malang. Tinggal bagaimana dia bisa meyakinkan Fernando Valente untuk memberinya posisi starter.

"Kini, masalah bukan pada kondisi fisik saya, tapi lebih ke taktikal. Pelatih mau atau tidak (memberi kesempatan sebagai starter)," jelas Greg.

Problem yang dihadapinya memang lebih kepada kebugaran fisik, selepas tak bernaung di klub manapun sejak meninggalkan Madura United 2022 lalu.

Butuh Menang

Di satu sisi, Greg Nwokolo sadar bahwa kepentingan tim adalah yang utama, ketimbang memikirkan kapan dia mendapatkan posisi sebagai starter lagi.

Dengan atau tanpanya di lapangan, tim berjulukan Singo Edan wajib bekerja keras karena sangat membutuhkan kemenangan di Liga 1.

Sebagaimana diketahui, Arema FC saat ini masih terkunci di zona degradasi. Mereka masih berada di urutan 16 klasemen dengan 13 poin dari 16 laga.

"Tim ini sudah tidak bisa lagi butuh waktu untuk berproses. Tim ini sangat membutuhkan kemenangan karena setiap laga adalah final," tandas Greg.

"Saya sendiri terus fokus untuk memperbaiki kondisi dan menunggu waktu untuk kembali tampil (sebagai starter)," eks pilar andalan Persija Jakarta itu melanjutkan.

Soccerway mencatat, Greg Nwokolo sejauh ini tampil dalam 6 laga dari bangku cadangan. Dia mencatat 50 menit bermain secara keseluruhan.

Kendati demikian, perannya cukup krusial sebagai supersub. Salah satunya adalah 1 assist untuk gol Gustavo Almeida dalam hasil imbang 2-2 dengan Persija (20/8/23).

Sebelum ke Arema FC, Greg berstatus tanpa klub selama 1 tahun. Kontraknya berakhir pada April 2022 setelah 5 musim membela Madura United sejak 2017.