Liga 1

Liga 1 Persib Bandung vs PSS Sleman: Nick Kuipers Out, Rachmat Irianto In

Kamis, 26 Oktober 2023 17:42 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib dipastikan tidak akan diperkuat oleh bek andalannya, Nick Kuipers, pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib dipastikan tidak akan diperkuat oleh bek andalannya, Nick Kuipers, pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung dipastikan tidak akan diperkuat oleh bek andalannya, Nick Kuipers, pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (28/10/23).

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, pemain asal Belanda tersebut tidak bisa tampil di pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman, karena mendapat akumulasi kartu kuning.

Meski demikian, Bojan Hodak sudah mengantisipasi absennya Nick Kuipers pada pertandingan tersebut, pasalnya tim kebanggaan Bobotoh masih memiliki pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

"Satu nama yang dipastikan absen adalah Nick karena akumulasi kartu kuning. Sisanya dalam kondisi yang bagus," kata Bojan Hodak.

Pemain yang bisa menggantikan posisi Nick Kuipers, diantaranya Rachmat Irianto. Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu baru pulang memperkuat Timnas Indonesia.

Selain itu, Rachmat Irianto sudah bisa bermain kembali setelah sempat absen pada pertandingan menghadapi Borneo FC di pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Borneo FC.

Saat menghadapi Borneo FC, Rachmat Irianto tidak dapat tampil karena mendapatkan akumulasi kartu. Sehingga, dengan bisa tampilnya pemain bernomor punggung 53 ini Bojan Hodak memiliki beberapa pilihan di bek tengah.

Sejauh ini, Rachmat Irianto sudah tampil dalam 12 pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024, dengan mengumpulkan 897 menit bermain dan menyumbangkan satu gol.

Selain Rachmat Irianto, Persib masih memiliki bek tengah lainnya yang bisa dipasang bersama Alberto Rodriguez Martin, di antaranya Victor Igbonefo, Kakang Rudianto dan Achmad Jufriyanto.

Sehingga, meski Nick Kuipers absen, Persib memiliki beberapa opsi untuk menentukan komposisi pemain di lini pertahanan saat menghadapi PSS Sleman.

Target 3 Besar

Sementara itu, Persib menargetkan kemenangan pada pertandingan pekan ke-17 untuk membuka peluang menembus tiga besar pada akhir putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.

Selain itu, kemenangan dibutuhkan untuk melanjutkan tren positif tidak terkalahkan di kompetisi Liga 1 2023-2024, pasalnya sejauh ini skuad Maung Bandung tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan.

Persib sendiri memiliki modal yang cukup bagus untuk menghadapi PSS Sleman, pasalnya pada pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Borneo FC tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih satu poin.

Menurut Bojan Hodak, satu poin yang didapat pada pertandingan tersebut cukup bagus, pasalnya tidak mudah membawa pulang poin dari Stadion Segiri, Samarinda.

"Saya berkata setelah pertandingan bahwa satu poin dari Borneo itu bagus karena tidak banyak tim yang bisa membawa pulang poin dari sana," kata Bojan Hodak.

Meski demikian, Bojan Hodak akan tetap memperbaiki kelemahan anak asuhnya, agar pada pertandingan menghadapi PSS Sleman, tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil lebih lebih baik lagi.

Selain itu, Bojan Hodak bersama pemainnya sudah menyaksikan video pertandingan menghadapi Borneo FC, untuk melihat kekurangan yang ada di dalam timnya.

"Jadi di setiap laga ada hal bagus dan hal buruk, hal baiknya ialah kami tidak pernah kalah, tapi kami tentunya masih harus berbenah dan mengubah beberapa hal," tegas Bojan Hodak.