In-depth

Menanti Keputusan Besar Bojan Hodak untuk Persib Pasca Lawan PSS, Apa Saja?

Kamis, 26 Oktober 2023 18:17 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak diangkat Marc Klok usai mengalahkan Bhayangkara FC pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Sabtu (23/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak diangkat Marc Klok usai mengalahkan Bhayangkara FC pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Sabtu (23/09/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, kemungkinan bakal mengambil keputusan besar setelah pertandingan pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman.

Persib Bandung saat ini sedang fokus mempersiapkan diri, untuk menghadapi PSS Sleman pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (28/10/23).

Pada pertandingan tersebut, skuad Persib Bandung menargetkan kemenangan, pasalnya tiga poin dibutuhkan untuk menjaga peluang berada di peringkat ketiga klasemen di akhir putaran pertama Liga 1 2023-2024.

Selain itu, kemenangan juga dibutuhkan untuk menjaga tren positif tidak terkalahkan di kompetisi Liga 1 2023-2024. Sejauh ini, dalam sembilan laga tim kebanggaan tidak terkalahkan.

Sehingga, pada pertandingan pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib dipastikan bakal berusaha untuk menampilkan permainan terbaiknya dan mengamankan poin penuh.

Menjelang pertandingan tersebut, Bojan Hodak, fokus mempersiapkan anak asuhnya, sehingga belum berbicara mengenai rencana perombakan tim untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Meski demikian, setelah pertandingan menghadapi PSS Sleman, Persib bakal mengambil keputusan besar untuk persiapan mengarungi putaran kedua.

Berikut ini, INDOSPORT merangkum keputusan besar yang akan diambil Bojan Hodak untuk Persib pasca lawan PSS, Apa Saja? 

Nasib Levy Madinda dan Tyronne del Pino

Keputusan yang dinantikan setelah pertandingan menghadapi PSS Sleman, diantaranya mengenai masa depan Levy Madinda dan Tyronne del Pino.

Sebagai informasi, Levy Madinda direkrut oleh tim Persib dari klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), untuk mengisi posisi lini tengah yang ditinggalkan Tyronne del Pino, dengan status pinjaman hingga bulan Desember mendatang.

Sejauh ini, belum ada keputusan mengenai masa depan Levy Madinda, pasalnya manajemen dan tim pelatih Persib belum membahas mengenai hal tersebut, lantaran masih fokus menyelesaikan putaran pertama.

Sedangkan Tyronne del Pino, baru bergabung kembali dengan tim Persib usai menjalani program pemulihan cedera di negaranya. 

Menurut Bojan Hodak, pihaknya belum mengambil keputusan terkait masa depannya pemain asal Spanyol tersebut. Pasalnya, akan melihat dulu kondisi dan menyelesaikan pertandingan terakhir di putaran pertama.

"Kami akan melihatnya dulu dan tergantung dirinya. Jika dia tidak bisa, maka tidak bisa. Jika dia bisa bermain, maka dia akan bermain," kata Bojan Hodak di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23).

"Kami masih memiliki waktu hingga akhir November untuk memutuskan," tegas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Nasib Sejumlah Pemain yang Dipinjamkan

Beberapa pemain Persib sudah santer dikabarkan akan dipinjamkan ke klub lain, menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pemain yang santer dikabarkan akan dipinjamkan tersebut di antaranya, Abdul Aziz, Victor Igbonefo dan Eriyanto. Bojan Hodak sendiri mengakui, ada beberapa anak asuhnya yang diminati oleh klub lain.

Namun, Bojan Hodak, tidak menyebutkan tim mana saja yang tertarik untuk mendatangkan anak asuhnya, yang pasti menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023-2024 beberapa pemain Persib diminati oleh klub lain.

Selain itu, pemain yang diminati oleh klub tersebut sejauh ini dipastikan tidak akan meninggalkan skuad Maung Bandung pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024. Pasalnya, anak asuhnya tidak tertarik dengan tawaran untuk pindah tim.

"Ada beberapa ketertarikan, tapi ketika saya bicara dengan pemain, tidak ada satu pun dari pemain yang meminta untuk pergi," kata Bojan Hodak.

Tambah Striker atau Tidak dan Jupe Jadi Asisten Pelatih?

Pelatih Persib, Bojan Hodak sempat mengatakan timnya berencana untuk menambah dua sampai tiga pemain untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Namun, dia akan melihat dulu penampilan pasukannya hingga akhir putaran pertama. Sehingga, belum mengambil keputusan resmi untuk mendatangkan pemain anyar.

"Saya butuh dua pemain tambahan, setidaknya dua pemain dan mungkin tiga," kata Bojan Hodak beberapa waktu lalu.

Manajemen Persib juga belum lama ini menyebutkan jika Bojan Hodak, akan berusaha untuk mempertahankan skuad yang ada.

Selain itu, Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan tim pelatih saat ini sedang fokus mempersiapkan tim untuk menghadapi PSS Sleman, pada pertandingan pamungkas putaran pertama.

"Belum (ada pembicaraan), masih ada sampai tanggal 28. Pelatih masih berencana untuk mempertahankan pemain yang ada," jelas Teddy Tjahjono.

Sementara itu, ada rencana Achmad Jufriyanto akan dijadikan asisten pelatih, meski begitu belum dipastikan keputusan bek senior Persib tersebut diangkat jadi staf pelatih.

"Karena jumlahnya minimum (untuk tim pelatih), belakangan juga sudah mulai mengenalkan Jupe untuk masa depan. Jadi sekarang, jika melihat jumlah tim pelatih, kami sudah cukup bagus," kata Bojan Hodak beberapa waktu lalu.