Liga 1

4 Hal Menarik yang Tercipta di Balik Kemenangan Telak Persik atas Persebaya

Jumat, 27 Oktober 2023 22:49 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Persik Kediri
Persik Kediri sukses besar dalam mewujudkan misinya mengamankan poin penuh saat Derby Jatim menjamu Persebaya Surabaya, di lanjutan Liga 1, Jumat (27/10/23). Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri sukses besar dalam mewujudkan misinya mengamankan poin penuh saat Derby Jatim menjamu Persebaya Surabaya, di lanjutan Liga 1, Jumat (27/10/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri sukses besar dalam mewujudkan misinya mengamankan poin penuh saat Derby Jatim menjamu Persebaya Surabaya, di lanjutan Liga 1, Jumat (27/10/23).

Tim berjulukan Macan Putih bahkan memetik kemenangan diluar dugaan melalui gelontoran 4 gol ke gawang Persebaya Surabaya di Stadion Brawijaya Kediri.

Persik Kediri memecah kebuntuan lewat gol Ady Eko Jayanto di menit 47. Song Uiyong lalu melakukan gol bunuh diri menit 55, disusul gol Flavio Silva menit 61 dan 65.

"Kemenangan yang diraih berkat kerja keras semua pemain. Apresiasi untuk mereka dan juga suporter yang telah mendukung kami," ucap Pelatih Persik, Marcelo Rospide.

Namun, ada sejumlah hal menarik yang patut disimak usai kemenangan telak Persik atas Persebaya. Salah satunya adalah panggung terbaik Flavio Silva.

Kemenangan Telak

Skor 4-0 menjadi kemenangan paling telak yang dicatat Persik Kediri sejak kembali bertemu dengan Persebaya Surabaya di era kompetisi Liga 1 musim 2020 lalu.

Sebelumnya, kedua tim sudah bertemu 8 kali. Persebaya mendominasi head to head dengan 2 kemenangan, 1 kemenangan milik Persik dan 3 laga berakhir imbang.

Skor akhir 4 gol juga yang paling banyak. Sebelumnya tercipta 3 gol dalam pertemuan kedua tim, saat Persebaya menang 2-1 di Piala Menpora (23/3/21) lalu.

Sebelumnya, kemenangan telak yang diukir Persik pada Liga 1 musim ini adalah saat mengalahkan Arema FC 5-2 di Stadion Brawijaya (15/7/23) lalu. 

Geser Persebaya

Kemenangan 4-0 ini sekaligus membuat Persik Kediri menggeser posisi Persebaya yang mengumpulkan 22 poin di urutan 9 klasemen Liga 1 dengan 23 poin.

Di sisi lain, kemenangan ini mengukuhkan Persik sebagai tim tak terkalahkan dalam 5 laga terahir. Periode itu dijalani Persik dengan 11 poin (3 kali menang dan 2 imbang).

Panggung Flavio Silva

Derby Jatim antara Persik Kediri dan Persebaya Surabaya juga menjadi panggung terbaik bagi Flavio Silva. Striker asal Portugal mencetak 2 gol dalam kemenangan 4-0.

Flavio bahkan nyaris mencatat hattrick andai sundulannya menit 55 tepat sasaran. Namun upayanya membuat Song Uiyong harus mencetak gol bunuh diri.

Sedangkan 2 golnya terjadi pada menit 61 dan 65. Secara total, eks striker timnas Portugal U-19 itu membukukan 9 gol dan 2 assist dari 12 laga untuk Persik musim ini.

Yang unik, Flavio lah yang menjadi pahlawan kemenangan Persik saat mengandaskan Persebaya 1-0 (18/3/23) lalu. Gol tunggalnya saat itu tercipta dari penalti menit 80.

Rekor Penonton

Dua kali gelaran Derby Jatim menjamu Arema FC dan Persebaya Surabaya benar-benar menarik animo masyarakat Kediri secara tinggi di Liga 1 musim ini. 

Panpel Persik mencatat rekor kehadiran penonton dalam kemenangan 4-0 atas Persebaya (27/10/23) menjadi rekor tertinggi kedua, yakni disaksikan oleh 5.473 pasang mata.

Sedangkan rekor penonton tertinggi penonton di Stadion Brawijaya adalah 5.872 saat Persik mengalahkan Arema FC 5-2 Sabtu (15/7/23) lalu.