Timnas Indonesia

Bocoran Taktik dan Strategi Timnas Indonesia Kontra Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Jumat, 27 Oktober 2023 13:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengatakan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mempersiapkan taktik dan strategi untuk menghadapi Irak di laga perdana grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia bakal memulai langkahnya di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan menghadapi Irak.

Skuad Garuda dijadwalkan menghadapi Irak pada 16 November pada 16 November mendatang di Stadion Barsa International.

Perjalanan Timnas Indonesia dilanjutkan pada 21 November 2023 dengan bertandang ke markas Filipina di Rizal Memorial Stadium.

Sedangkan untuk pertandingan melawan Vietnam baru bakal berlangsung pada Maret 2024 mendatang.

Untuk laga perdana Irak, Timnas Indonesia mengaku sudah melakukan persiapan dengan melihat kekuatan tim lawan.

Bahkan diakui Nova Arianto selaku asisten pelatih Timnas Indonesia, Irak adalah satu lawan yang bisa menyulitkan langkah Timnas Indonesia.

Nova menjelaskan bahwa Irak adalah tim yang memiliki kualitas individu yang baik. Untuk itu Timnas Indonesia dipinta tidak meremehkan tim berjuluk Singo Mesopotamia.

“Irak adalah salah satu tim yang baik, secara individu maupun secara tim,” ucap Nova Arianto.

Lebih lanjut Nova mengatakan untuk saat ini staf pelatih Timnas Indonesia melakukan pemantauan permainan Irak.

Selepas memantau kekuatan Irak, Nova mengatakan bawah pelatih Shin Tae-yong menyiapkan taktik dan strategi yang akan digunakan oleh Timnas Indonesia nantinya.

“Kita sudah melakukan pemantauan ke Irak sendiri. Kita sebagai coach staf sudah melakukan komunikasi terkait strategi apa yang akan kita lakukan saat melawan Irak nanti,” jelas Nova.

Memang Irak menjadi satu tim yang kekuatannya masih tidak diketahui oleh Timnas Indonesia. Bahkan Shin Tae-ong sampai mengirim tim analis ke Irak untuk memantau kekuatan Irak.