Liga 1

Eks Timnas Italia Ini Berambisi Latih Persija Jakarta, Gantikan Thomas Doll?

Jumat, 27 Oktober 2023 18:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Mantan pemain Timnas Italia, Marco Motta, mengaku tertarik melatih klub Liga 1, Persija Jakarta. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Mantan pemain Timnas Italia, Marco Motta, mengaku tertarik melatih klub Liga 1, Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Timnas Italia, Marco Motta, mengaku tertarik melatih klub Liga 1, Persija Jakarta, pada masa depan. Dia sedang mengambil lisensi kepelatihan. 

Motta kini sedang melatih tim usia muda di Jakarta, salah satunya bersama Asiana Soccer School. Dia senang membantu perkembangan pemain muda dan membantu meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. 

"Saya akan mencoba menjadi pelatih, saya mengambil lisensi kepelatihan, jadi saya siap untuk melatih karena saya senang mengaplikasikan pengalaman saya di sepak bola kepada anak-anak muda," jelasnya. 

"Saat ini saya senang di Asiana, tapi nanti di masa depan kita lihat tawaran yang ada," ujar Marco Motta. 

Apabila sudah mengantongi lisensi kepelatihan tertinggi, Motta menyatakan siap melatih di Indonesia. Eks pemain Juventus itu bahkan membidik Persija Jakarta. 

Motta mengaku memiliki hubungan bagus dengan Persija. Selain pernah bermain di tim Macan Kemayoran, dia punya kenangan indah dengan Jakmania, jadi apabila ada tawaran, jelas dia tidak menunggu dua kali. 

"Saya bisa katakan (melatih) Persija, mungkin suatu hari nanti saya bisa jadi pelatih Persija, saya tidak tahu," ujarnya. 

"Untuk sekarang saya lebih santai saja dan melihat kemungkinan tawaran yang ada. Ketika saya menerima tawaran maka saya pasti 100 persen (memberikan kemampuan). Itu gaya saya," tandas eks pemain AS Roma itu. 

"Persija di hati saya, tapi saya juga profesional di mana saya akan melihat tawaran lain. Mungkin Persija, mungkin tim lain, jadi lihat saja nanti. Hanya Tuhan yang tahu," tambah Motta.

Motta mengatakan masih cinta dengan Persija. Selain merupakan klub pertamanya di Indonesia, dia juga memiliki beragam memori manis. 

Bahkan, kelompok suporter Persija, The Jakmania, masih terus memberikan perhatian kepadanya.

“Seperti yang selalu saya katakan dalam karier saya sebagai pemain sepak bola. Saya datang ke sini untuk Persija karena itu adalah sesuatu yang ingin saya lakukan,” ucapnya.

“Saya senang berada di sana. Saya juga berkesempatan memenangkan piala (Piala Menpora 2021),” sambung Motta.

Peluang Mottta melatih Persija terbuka, jika sudah memiliki lisensi kepelatihan sesuai regulasi Liga 1. Apalagi, manajemen tim Ibu Kota sedang memantau kinerja pelatih saat ini, Thomas Doll.

Thomas Doll kabarnya akan dievaluasi, menyusul hasil kurang apik yang didapat Persija pada putaran pertama Liga 1 2023/24. Klub juara Liga 1 2018 itu terdampar di urutan 12 klasemen sementara dengan 20 poin dari 15 laga.